Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Jun 2019 14:45 WIB

TRAVEL NEWS

Sehari Menikmati Keindahan Gunung Bromo, Bisa Kok!

Akfa Nasrulhak
detikTravel
Gunung Bromo (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Gunung Bromo (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Jakarta - Gunung Bromo memberikan pengalaman wisata alam bak negeri impian. Berada di ketinggian 2.329 mdpl, Gunung Bromo menghadirkan keindahan yang tidak akan bisa dilupakan. Serasa berada di atas awan!

Berdiri menghirup udara segar di pagi hari, disapa cahaya matahari yang masih hangat menjadi momen langka di tengah padatnya rutinitas sehari-hari. Traveler tidak perlu cuti lama untuk menikmati keindahan Gunung Bromo. Pasalnya, hanya dengan sehari kamu bisa puas berwisata melalui paket tur Gunung Bromo dari Traveloka Xperience.

Petualangan apa saja yang bisa kamu dapatkan ketika berwisata ke Gunung Bromo? Yuk, intip itinerary beragam kegiatan seru sehari penuh di sana!

1. 00:15-00:30 Persiapan Perjalanan Menuju Gunung Bromo

Gunung Bromo berada pada 4 wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Hal itu membuat traveler memiliki banyak pilihan titik lokasi menuju ke sana.

Biasanya, paket tur akan menyediakan jasa penjemputan di hotel karena petualangan menuju Gunung Bromo akan dimulai sejak dini hari. Sehingga traveler bisa sampai di kawasan Gunung Bromo tepat sebelum matahari terbit.

Suhu udara dan cuaca di kawasan Gunung Bromo terasa dingin. Untuk itu disarankan mengenakan jaket, kaos kaki, dan sepatu yang nyaman. Tak lupa, untuk menghindari debu dan sinar matahari yang terlalu berlebihan, maka masker dan kacamata juga tidak boleh ketinggalan.


2. 00:30-06:00 Pendakian Menikmati Matahari Terbit

Jika perjalanan menuju view point sunrise dilakukan sekitar pukul 00:30, kemungkinan pukul 03:30 traveler sudah bisa sampai di sana. Pendakian bisa dilakukan menggunakan mobil Jeep yang sudah dipesan.

Hal menyenangkan pertama setibanya di Gunung Bromo adalah menikmati momen matahari terbit. Pasalnya, hamparan awan di putih yang tebal di sekitar gunung membuat kita merasa seperti benar-benar di negeri atas awan. View point untuk menikmati matahari terbit bisa dilakukan di Penanjakan 1, Penanjakan 2, atau point alternatif di Bukit Kingkong.

Proses terbitnya matahari yang indah tentu bisa menghipnotis kamu seketika. Jangan lupa untuk mengabadikan momen selama prosesnya ya!

3. 06:00-07:00 Jalan-jalan ke Bukit Cinta dan Lembah Widodaren

Setelah menikmati matahari terbit, selanjutnya traveler bisa berjalan-jalan ke Bukit Kingkong atau Bukit Cinta Bromo sambil menunggu datangnya siang. Bukit Cinta tersohor karena lokasinya yang menawarkan pemandangan Gunung Bromo, Batok, Widodaren, dan Semeru dengan sensasi berbeda.

Bukit Cinta juga selalu ramai dipadati wisatawan sebagai alternatif tempat berburu foto-foto yang instagramable. Selain itu, bukit ini juga bisa menjadi alternatif bagi kamu untuk menikmati sunrise jika waktu untuk menuju Penanjakkan tidak mencukupi atau terlalu banyak wisatawan.

Perjalanan akan dilanjutkan ke Lembah Widodaren yang dikenal juga dengan nama Lembah Dinosaurus. Lembah Widodaren menawarkan pemandangan perbukitan dan pegunungan yang mengelilingi Gunung Bromo. Di sini, terdapat pula gua yang dijadikan tempat ibadah masyarakat Tengger. Bahkan, di dalamnya terdapat sumber mata air yang dikeramatkan masyarakat untuk upacara ritual.

5. 07:00-09:00 Trekking ke Kawah Gunung Bromo dan Pura Luhur Poten

Sebelum trekking menuju Kawah Gunung Bromo, Pura Luhur Poten di sekitar lautan pasir Gunung Bromo jadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Jika beruntung, traveler dapat menyaksikan upacara atau ibadah yang dilakukan warga Tengger di Pura Luhur Poten.

Pendakian yang cukup melelahkan menuju Kawah Gunung Bromo akan terbayar sudah ketika berada di puncaknya. Pemandangan cekungan lingkaran kawah yang spektakuler membuat kagum saat melihatnya.


6. 10:00-11:00 Berfoto di Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi Gunung Bromo tanpa mengabadikannya melalui foto atau video. Salah satu tempat favorit berada di Pasir Berbisik, lautan pasir yang diambil namanya dari sebuah film yang berlatar di lokasi ini. Dari mulai sekadar foto dokumentasi pribadi, pre-wedding, hingga pembuatan video klip seringkali dilakukan di kawasan dengan hamparan pasir yang luas ini.

Penjelajahan di Gunung Bromo tidak berhenti sampai kawasan Pasir Berbisik. Bukit Teletubbies dengan hamparan rumput hijau membentang menjadi destinasi selanjutnya yang akan menambah petualangan di Gunung Bromo semakin lengkap. Di sini, kamu bisa mencoba beragam kegiatan seru mulai dari hunting foto, menunggang kuda, berkemah, dan mencoba berbagai permainan outbond.

Meskipun hanya menghabiskan waktu sehari untuk menjelajahi Gunung Bromo, traveler tetap akan menikmati semua panorama yang ada di sana. Dengan adanya paket yang disediakan, perjalanan melalui tur juga bisa menghemat bujet kamu.

Sudah tahu mau berangkat kapan untuk menikmati Gunung Bromo? Yuk, pesan paket turnya sekarang di Traveloka Xperience! (prf/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED