Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Jun 2019 17:55 WIB

TRAVEL NEWS

Permudah Wisatawan, Kini Dieng Pakai Aplikasi Barcode

Uje Hartono
detikTravel
Aplikasi barcode di Dieng (Uje Hartono/detikcom)
Aplikasi barcode di Dieng (Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara - Ada yang baru di kawasan wisata Dieng. Wisatawan bisa mengakses informasi dengan mudah lewat aplikasi barcode.

Treveler yang ingin mengetahui seluk-beluk informasi tentang dataran tinggi Dieng tidak perlu ribet lagi. Kini semua informasi tentang obyek wisata dalam genggaman melalui teknologi barcode.

Wisatawan dapat memanfaatkan aplikasi di gadget melalui scanner untuk memindai barcode. Layanan ini, tersedia di semua obyek wisata di dataran tinggi Dieng.

Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara Aryadi Darwanto mengatakan, dengan layanan barcode akan mempermudah wisatawan untuk mengetahui perihal tentang obyek wisata di Dieng. Misalnya, obyek wisata Candi Arjuna, wisatawan akan mengetahui sejarah dari candi melalui barcode.

(Uje Hartono/detikcom)(Uje Hartono/detikcom)

"Wisatawan dengan mudah mendapatkan informasi sejarah candi-candi, cerita beberapa dewa Hindu," ujarnya di obyek wisata Dieng, Minggu (16/6/2019).



Barcode ini ada di semua obyek wisata, termasuk arca-arca di museum Kaliasa. Selain itu, juga dipasang di Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, kantor Geo Dipa Energi serta obyek wisata lainnya.

"Harapannya, wisatawan dengan mudah mendapatkan informasi tentang budaya, legenda Dieng, vulkanalogi, geotermal, dan paket wisata. Sehingga, harapan Dieng menjadi destinasi wisata edukasi yang bermanfaat bagi dunia pendidikan bisa terwujud," harapnya.


Permudah Wisatawan, Kini Dieng Pakai Aplikasi BarcodeFoto: (Uje Hartono/detikcom)


Layanan ini, sudah bisa dinikmati wisatawan mulai pekan depan. Nantinya, barcode ini tidak hanya dipasang di obyek wisata yang secara geografis masuk wilayah Banjarnegara, namun di semua kawasan obyek wisata Dieng.

"Pada intinya, untuk memudahkan wisatawan. Jadi tidak hanya obyek wisata yang ada di Banjarnegara tetapi di semua kawasan," terangnya. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED