Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Jun 2019 19:22 WIB

TRAVEL NEWS

Melihat Ragam Budaya Betawi di Karnaval Jakarnaval 2019

Raras Prawitaningrum
detikTravel
Foto: Kemenpar
Foto: Kemenpar
Jakarta - Mau lihat ragam budaya Betawi yang indah? Wisatawan bisa mengenal dan menyaksikan langsung budaya Betawi di acara Jakarnaval 2019. Bahkan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengakatan Jakarnaval menjadi salah satu karnaval terbaik yang wajib dikunjungi.

"Atmosfer kemegahannya dijamin membuat wisatawan terkagum-kagum. Jadi jangan sampai terlewatkan," ujar Arief dalam keterangannya, Minggu (16/6/2019).

Jakarnaval 2019 akan digelar di kawasan Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat pada 30 Juni mendatang. Di karnaval ini, wisatawan bakal banyak dijamu keseruan yang luar biasa. Mulai karnaval keren, pertunjukan seni budaya, kendaraan hias, hingga panggung hiburan yang megah.

Apalagi Jakarnaval telah masuk ke dalam 100 Calendar of Event (CoE) 2019 Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Selain itu, Jakarnaval merupakan puncak peringatan HUT Kota Jakarta.


"Jakarnaval jelas semakin memperkaya geliat atraksi wisata di Indonesia. Sebagai pintu gerbang nomor dua wisatawan mancanegara, Jakarta memang harus menampilkan atraksi berkelas yang memanjakan wisatawan," kata Ketua Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2019 Kemenpar, Esthy Reko Astuty.

Untuk rutenya, Jakarnaval tahun ini digelar mulai dari Kantor Balai Kota DKI Jakarta menuju ke Bundaran HI. Setelah itu, rombongan arak-arakan akan berangkat menuju Monas. Ada juga panggung hiburan yang disiapkan untuk menyambut rombongan karnaval.

"Jumlah peserta yang akan mengikuti event ini diperkiraan mencapai 5.000 peserta. Peserta tersebut nantinya ada yang menggunakan kendaraan hias, hingga menggunakan berbagai kostum menarik saat karnaval. Pokoknya akan sangat megah dan luar biasa," jelas Esthy.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II Adella Raung mengatakan Jakarnaval bukanlah sekadar karnaval semata. Namun juga sebagai etalase keberagaman budaya nusantara. Pasalnya, keberagaman budaya nusantara menjadi kekuatan tersendiri yang dimiliki oleh Jakarta.


"Tema Festival Jakarnaval 2019 adalah Wajah Baru Jakarta. Wajah baru dengan kekuatan berbagi budaya nusantara. Semua menyatu dalam pawai kendaraan hias dan parade seni budaya," ucapnya.

Kepala Bidang Pemasaran Area DKI-Banten, Ni Komang Ayu Astiti, yakin Jakarnaval akan menjadi sajian berkelas yang layak disaksikan. Ia pun berharap perhelatan tahun ini akan membuat pariwisata Ibu Kota semakin bersinar.

"Sebagai ibu kota negara, Jakarta menjadi mukadimah pariwisata Indonesia. Sudah seharusnya Jakarta menampilkan atraksi terbaiknya bagi wisatawan. Silakan datang dan nikmati kemegahan Jakarnaval 2019," katanya. (idr/idr)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED