Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Jun 2019 21:10 WIB

TRAVEL NEWS

Indonesia Sukses Pukau Pengunjung Asian Festival di Bulgaria

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Kemeriahan Asian Festival di Bulgaria (dok. KBRI Sofia)
Kemeriahan Asian Festival di Bulgaria (dok. KBRI Sofia)
Sofia - Mengusung tema Keajaiban dari Timur, Indonesia sukses memukau pengunjung Asian Festival 2019. Acara tahunan ini sudah digelar ketiga kalinya di Sofia, Bulgaria.

Berawal dari inisiatif KBRI Sofia di tahun 2017, Asian Festival sudah menjadi tradisi tahunan setiap musim panas di Bulgaria. Setiap tahun, acaranya menjadi semakin besar dan ramai.

Dari rilis pers KBRI Sofia yang diterima detikcom, Rabu (19/6/2019), Asian Festival 2019 ini diikuti oleh 16 negara yaitu China, India, Indonesia, Iran, Iraq, Japan, Palestine, Pakistan, Saudi Arabia, Kuwait, Korea Selatan, Philippines, Thailand, United Arab Emirates, Bangladesh, hingga Vietnam.

Untuk edisi ketiga ini Asian Festival dibuka langsung oleh Wakil Presiden Bulgaria. Diperkirakan sekitar 12.000 pengunjung memenuhi festival sepanjang hari.

Acara Asian Festival ini resmi dibuka dengan Barong Bali yang memimpin parade wakil negara-negara yang berpartisipasi. Wakil Presiden Bulgaria dalam sambutannya sangat mengapresiasi acara ini untuk meningkatkan people to people contact menembus batas-batas antar negara.

Indonesia Sukses Pukau Pengunjung Asian Festival di BulgariaFoto: (dok. KBRI Sofia)


Sementara itu, Dubes RI Bulgaria, Sri Astari Rasjid, sebagai pemimpin kegiatan Asian Festival menyampaikan tujuan acara adalah memperkenalkan keanekaragaman budaya, menyatukan berbagai perbedaan dan membawa perdamaian.

Selain membawa Asia lebih dekat ke Bulgaria, diharapkan dengan semakin dekatnya hubungan Asia dan Bulgaria maka akan membuka juga peluang kerja sama yang lebih besar di bidang kebudayaan, pariwisata, dan perdagangan.

Berbagai negara Asia menampilkan berbagai kebudayaan dari tarian, seni bela diri, musik tradisional, sampai musik pop. Tidak lupa berbagai jenis kuliner, kerajinan, dan suvernir juga tersedia di booth negara masing-masing.

BACA JUGA: Ribuan Turis Austria Siap Terpikat 10 Bali Baru


Kegiatan Asian Festival ini juga memiliki misi kemanusiaan, dengan membeli tiket undian pengunjung dapat mendapatkan berbagai hadiah menarik dari para sponsor, yang dananya kemudian disumbangkan untuk membantu anak-anak usia dini di Bulgaria.

Indonesia sendiri menampilkan pertunjukan Barong Bali dan lakon wayang yang dibawakan oleh pelajar Bulgaria. Selain itu juga ditampilkan berbagai tarian nusantara mulai dari Sumatera, Sulawesi, hingga Bali yang dibawakan pemuda-pemudi Bulgaria serta juga group tari Bidadari dari Serbia yang didukung
KBRI Beograd.

Indonesia Sukses Pukau Pengunjung Asian Festival di BulgariaFoto: (dok. KBRI Sofia)


Tidak lupa juga diperagakan pesona warsa nusantara oleh model-model Bulgaria. Berbagai pertunjukan budaya ini mendapat sambutan meriah dari para pengunjung dan mereka juga antusias berfoto dengan para penampil.

Indonesia juga mengadakan workshop tari, belajar angklung, membatik, dan bermain congklak yang menjadi favorit anak-anak. Di booth Indonesia yang dihias dengan ogoh-ogoh raksasa, dipromosikan berbagai kopi nusantara oleh dua perusahaan Indonesia yang sudah masuk pasar Bulgaria.

Selain itu juga dipromosikan berbagai produk Indonesia seperti teh, mie instan, sabun mandi, dan lain-lain. Berbagai makanan Indonesia seperti martabak, sate, dadar gulung, nasi kuning, dan tempe laris manis diserbu pengunjung sebelum acara selesai.

 (dok. KBRI Sofia) (dok. KBRI Sofia)


Dari angket yang disebar, banyak masyarakat Bulgaria yang ingin berkunjung dan belajar lebih dalam tentang budaya Indonesia, menurut mereka keragaman budaya Indonesia adalah sesuatu yang sangat mahal yang tidak dimiliki negara negara lain.

Keberhasilan acara ini juga tidak terlepas dari dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang menerbangkan pelatih dan pengerajin Bali untuk acara ini, serta dukungan dari Kementerian Pariwisata dalam memberikan materi promosi Nusantara. Lewat Kegiatan Asian Festival 2019 ini, Indonesia berhasil menunjukan eksistensinya di bidang kebudayaan di Bulgaria.


(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED