Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Jun 2019 17:55 WIB

TRAVEL NEWS

Ini 6 Kuncian Traveler di Zaman Serba Online

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi traveler (Thinkstock)
Ilustrasi traveler (Thinkstock)
Jakarta - Sebuah perjalanan memakan proses panjang, baik sebelum, saat dan sesudahnya. Diketahui, ada tujuh proses yang jadi benang merah traveler dewasa ini.

Perkara melakukan perjalanan atau traveling bukan perkara sederhana, walau tak jarang juga yang melakukannya dengan spontan. Hal itu pun turut dipaparkan dalam riset terbaru Amadeus selaku penyedia sistem distribusi global (Global Distribution System) di kantornya, UOB Plaza, Jakarta, Senin kemarin (24/6/2019).

Dalam riset tersebut dijelaskan, ada tujuh tahapan online dan non-online yang dilakukan oleh traveler untuk melakukan perjalanan. Antara lain:

1. Berandai-andai

Berandai-andai merupakan tahapan awal yang dilakukan traveler sebelum melakukan perjalanan. Berandai-andai dalam artian melihat destinasi dari media sosial, influencer, situs pariwisata hingga obrolan dari mulut ke mulut.

2. Perencanaan

Setelah tergoda untuk liburan, perencanaan pun jadi tahapan berikutnya. Pada tahap ini, pencarian informasi terkait destinasi hingga tiket pesawat dan operator wisata turut masuk di dalamnya.

3. Pemesanan

Usai mencari informasi terkait destinasi baik secara online mau pun offline, maka tahap penting berikutnya adalah mengeksekusi atau melakukan pemesanan (booking) via online hingga telepon dan tatap muka dengan travel agent.

4. Persiapan

Demi kenyamanan perjalanan, pencarian lebih lanjut terkait destinasi dan itinerari kembali dilakukan via mesin pencari seperti Google dan sumber lainnya.

5. Traveling

Usai melakukan persiapan, riset dan eksekusi, akhirnya tibalah saat untuk traveling atau jalan-jalan. Di fase ini, traveler akan lebih sibuk dengan ponselnya untuk mengakses informasi di lokasi hingga mengontak pemandu wisata.

6. Sharing

Puas liburan, tak lengkap tanpa berbagi foto dan momen via media sosial. Tak hanya itu, review atau masukan lokal terkait pengalaman saat liburan juga kerap dibagikan.

Di satu sisi, traveler juga mendapat pengalaman serta teman di perjalanan. Itulah enam fase yang dilakukan mayoritas traveler dewasa ini. Kalau kamu, setuju atau tidak? (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA