Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Jun 2019 17:50 WIB

TRAVEL NEWS

Ini 8 Situs UNESCO di Indonesia, Semoga Sawahlunto Menyusul

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi Candi Borobudur (Teguh Tofik Hidayat/d'Traveler)
Sawahlunto - Tahun ini Ombilin atau Sawahlunto jadi satu-satunya calon Situs Warisan Dunia UNESCO dari Indonesia. Sampai saat ini, Indonesia sudah punya 8 situs.

Selaku badan PBB yang bergerak di bidang pendidikan dan budaya, UNESCO bertugas untuk memetakan dan mengawasi kekayaan budaya dunia. Setiap tahunnya, organisasi itu pun menerima banyak proposal dari seluruh negara dunia terkait kekayaan budaya masing-masing yang ingin diakui.

Tahun ini, Indonesia pun berhasil memasukkan satu-satunya kandidat yaitu Sawahlunto dari Sumatera Barat. Sawahlunto akan bersaing dengan puluhan kandidat lain.

BACA JUGA: Mengenal Sawahlunto, Calon Situs Warisan Dunia UNESCO dari Sumbar

Ditulis dengan nama 'Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto' dalam bahasa Inggris, ada kemungkinan kalau nantinya kota tambang Sawahlunto bisa menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO di bidang budaya.

Proses penilaian berikutnya pun telah menanti setelah dari nominasi. Untuk menyandang status bergengsi tersebut, baik pihak pemkot hingga masyarakatnya harus bersinergi bersama untuk penilaian. Tentunya itu bukan perkara mudah.

Sambil menanti penilaian berikutnya dari UNESCO, sebelumnya Indonesia telah memiliki sejumlah Situs Warisan Dunia oleh UNESCO di kategori alam dan budaya.

Dilihat detikcom dari situs resmi UNESCO, Rabu (26/6/2019), diketahui ada delapan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO di Indonesia. Delapan situs itu pun terbagi dua, yakni alam dan budaya. Berikut daftarnya:

Situs Warisan Dunia oleh UNESCO kategori budaya

1. Candi Borobudur di Magelang
2. Sistem Irigasi Subak di Bali
3. Candi Prambanan di Yogyakarta
4. Situs Sangiran di Sragen

Situs Warisan Dunia oleh UNESCO kategori alam

1. Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo
2. Taman Nasional Lorentz di Papua
3. Hutan hujan tropis Sumatera
4. Taman Nasional Ujung Kulon di Banten

Untuk informasi, Sawahlunto masuk satu dari banyak nominasi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO untuk kategori budaya. Saingannya ada 27 tempat lain. Selamat berjuang, Sawahlunto!

Simak Video "Kontes Satwa Pacu Anjing, Sawahlunto"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA