Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Jun 2019 19:25 WIB

TRAVEL NEWS

Liburan ke Eropa, Turis Indonesia Lebih Pilih Wisata Halal

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: Ilustrasi Masjid Kul Sharif di Rusia (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi Masjid Kul Sharif di Rusia (Thinkstock)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Jakarta - Turis dari Indonesia kini lebih memilih wisata halal saat bepergian ke luar negeri. Terutama ke Eropa, mereka tertarik mencari destinasi yang berbau Islam.

Di lain sisi, masalah tiket pesawat mahal di dalam negeri jadi bikin sepi pariwisata Indonesia. Hal itu dikemukakan oleh Cheriatna, Sekretaris ATHIN di Gedung Twink Jakarta, Rabu (26/6/2019).

"Wisata halal lebih menguasai turis Indonesia yang ada di Eropa dibanding konvensional. Mereka memenuhi travel agen ramah muslim," kata Cheriatna.

"Itu data yang terbaru dari turis Indonesia. 2-3 tahun ini. Orang Indonesia pilih wisata halal," imbuh dia.



Tak hanya itu, konsorsiumnya yang tergabung dalam HTK (Halal Travel Konsorsium) juga optimis dalam ceruk potensial itu. Karena ada sebanyak 20 juta orang Indonesia mampu bepergian ke luar negeri.

"Kita tetap optimis di wisata halal karena trennya naik. Tahun ini bisa tembus pendapatan USD 10 juta. Tren dunia berusaha menawarkan wisata halal, bahkan di negeri non muslim yakni Jepang," urai dia.



"Ada bento halal di Seven Eleven Jepang. Tokonya pun mudah. Selain itu ada Korea, China dan Thailand yang lebih dulu menggarap wisata halal itu," ujar dia.

Menurut Cheriatna, ada beberapa kendala terkait wisata halal di Indonesia. Kurang komunikasi hingga penolakan di beberapa tempat jadi masalahnya.

"Kita ada kendala seperti di beberapa daerah menolak wisata halal, seperti Bali, NTT hingga Tana Toraja, mungkin kurang komunikasi. Sementara negara non muslim ramai-ramai menyiapkan wisata halal," pungkas dia.

Simak Video "Jokowi Dorong Halal Park Jadi Motor Pertumbuhan Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/wsw)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED