Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Jun 2019 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Di Masa Depan, Ada Pesawat Tanpa Pilot yang Siap Mengudara

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Zuri, pesawat tanpa pilot (dok. Zuri)
Zuri, pesawat tanpa pilot (dok. Zuri)
Jakarta - Teknologi zaman sekarang makin berkembang. Kini, tengah dibuat prototipe pesawat tanpa pilot berkapasitas 4 orang penumpang dan siap terbang di masa depan.

Dunia penerbangan tak henti-hentinya membuat inovasi. Sebuah perusahaan booking online, Kiwi.com berinvestasi untuk membuat pesawat tanpa pilot yang diberi nama Zuri. Zuri sekarang sedang dalam tahap pembuatan prototipe.

Dihimpun detikcom dari beberapa sumber, Jumat (28/6/2019), Zuri merupakan pesawat tanpa pilot yang memiliki dimensi panjang rentang sayap mencapai 11 meter dan bobot mencapai 900 Kg.

Zuri bisa terbang dengan jangkauan jarak hingga 700 Km. Jarak tersebut ekuivalen dengan jarak dari Inggris menuju ke Jerman. Meski tanpa diawaki pilot, Zuri diklaim aman buat traveler.

Di Masa Depan, Ada Pesawat Tanpa Pilot yang Siap MengudaraFoto: (dok. Zuri)


Zuri diklaim memiliki teknologi yang sama dengan drone. Zuri menggunakan teknologi VTOL alias Vertical Take Off and Landing, persis seperti drone. Bedanya, Zuri bisa dinaiki 4 orang penumpang.

Untuk sumber energi, Zuri menggunakan 8 buah elektro motor yang berada di sepanjang bagian sayap pesawat tanpa pilot tersebut.

Berdasarkan teknologi tersebut, Zuri disebut paling cocok untuk moda transportasi antar pulau. Jadi traveler tidak perlu berpindah moda transportasi, dari pesawat ke kapal, lalu pakai mobil. Cukup pakai Zuri, traveler sudah bisa sampai ke tujuan.

Di Masa Depan, Ada Pesawat Tanpa Pilot yang Siap MengudaraFoto: (dok. Zuri)

Karena bisa take off dan mendarat seperti drone, Zuri tidak membutuhkan ruang yang luas sebagai tempat mendarat. Tidak seperti pesawat yang butuh landasan pacu yang cukup panjang untuk bisa terbang, Zuri bisa lebih hemat tempat.

"Sejalan dengan jaringan transportasi global, Zuri akan membawa pilihan baru untuk traveling menuju ke ribuan kota kecil dengan radius terbang yang mencapai 700 km," ujar Oliver Dlouhy, CEO sekaligus Co-Founder dari Kiwi.com seperti dikutip dari The Sun.

Pesawat tanpa pilot sepertinya akan jadi hal yang lumrah di masa depan. Penggunaan drone juga makin populer zaman sekarang. Bukan tidak mungkin, pesawat seperti drone juga akan jadi moda transportasi di masa depan.

Simak Video "Pesawat Pengebom Era Perang Dunia II Jatuh, 7 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA