Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Jun 2019 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

10 Negara dengan Biaya Hidup Lebih Murah dari Indonesia

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Saint Petersburg (Anton Vaganov/Reuters)
Foto: Saint Petersburg (Anton Vaganov/Reuters)
Moskow - Ke luar negeri, tidak selamanya mahal. Ternyata, ada sejumlah negara yang biaya hidupnya lebih murah dari Indonesia.

Memang sih, traveling ke luar negeri butuh biaya ekstra dari segi transportasi dan akomodasi. Tetapi, jika living cost atau biaya hidup sehari-harinya lebih murah, tentu biaya traveling pun jadi lebih hemat.

Sebuah majalah bisnis Ceoworld merilis berbagai tempat yang biaya hidupnya tinggi hingga terendah. Data dikompilasi menjadi indeks, dengan menjadikan kota New York di AS yang terkenal mahal sebagai patokan. New York diberi skor indeks 100. Jadi negara dengan skor lebih rendah dari 100, dinilai lebih murah dari New York, maka semakin rendah pula biaya hidupnya.

Nilai ukurnya adalah indeks harga konsumen, indeks biaya hidup, data nasional hingga laporan media internasional. Diukur pula akomodasi, pakaian, tarif transportasi, internet, bahan makanan dan hiburan. Pemberian peringkat didasarkan biaya hidup, sewa, bahan makanan, makan di luar dan daya beli.

Dari 118 negara yang diriset, Indonesia menduduki posisi ke-84. Dari skala 100, Indonesia mendapatkan nilai 36,24. Namun ternyata, ada sejumlah negara yang biaya hidupnya lebih rendah. Mungkin, bisa jadi saran untuk liburan kamu nih.

Misalnya saja Bosnia di peringkat 87. Bosnia merupakan negara di Eropa dengan sentuhan kota tua yang kental. Traveler bisa berkunjung ke Mostar dan Sarajevo, melihat aneka masjid, sisi klasik kota hingga main ski.

Selain itu ada juga Rusia di posisi ke-88. Tuan rumah piala dunia tahun lalu ini memiliki sejumlah atraksi wisata yang tiada habisnya. Misalnya saja Savior on the Spilled Blood di St Petersburg atau berkunjung ke St Basil's Cathedral di Moskow.

BACA JUGA: 20 Negara dengan Biaya Hidup Tertinggi di Dunia

Berpetualang ke Asia Tengah, ada Azerbaijan (ranking 110) dan Kazakhstan (ranking 108). Ibukota Azerbaijan, Baku, punya suasana kota tua bercampur dengan nuansa modern yang cantik dan punya balapan Formula 1. Sedangkan Kazakhstan punya pemandangan alam cantik seperti Medeo dan Big Almaty Lake.

Ada lagi Turki (90), Maroko (94), Mesir (114) dan India (116) yang memang sudah menarik perhatian turis Indonesia. Dikumpulkan detikcom, berikut rekomendasi 10 negara untuk dikunjungi dengan biaya hidup lebih murah dari Indonesia:

1. Bosnia (87)
2. Rusia (88)
3. Turki (90)
4. Filipina (91)
5. Maroko (94)
6. Kazakhstan (108)
7. Nepal (109)
8. Azerbaijan (110)
9. Mesir (114)
10. India (116)



Simak Video "Keseruan WNI Mencoblos di Moskow"
[Gambas:Video 20detik]
(sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA