Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Jul 2019 22:25 WIB

TRAVEL NEWS

Rekaman Video 8 Pendaki Tewas di Himalaya Ditemukan

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Lokasi pendaki tewas di Nanda Devi (BBC)
Lokasi pendaki tewas di Nanda Devi (BBC)
Chamoli - Sebanyak 8 pendaki hilang dan ditemukan tewas di Pegunungan Himalaya, tepatnya di Gunung Nanda Devi. Rekaman video detik-detik terakhirnya ditemukan.

Seperti dilansir BBC, Selasa (9/7/2019), video ini mengungkapkan saat-saat terakhir pendaki hilang di Pengungan Himalaya, tepatnya di punggungan Gunung Nanda Devi. Pihak berwenang India telah merilis video itu.

Dalam klip video itu memperlihatkan adanya empat pendaki yang mereka berasal dari Inggris, dua orang Amerika, seorang dari Australia dan seorang dari India. Perlahan-lahan mereka naik ke puncak.

Kelompok itu berusaha untuk mendaki puncak tertinggi kedua India Nanda Devi ketika kontak hilang pada 26 Mei lalu. Tujuh mayat ditemukan tetapi warga Inggris Martin Moran masih dinyatakan hilang.

Video klip berdurasi 1 menit 55 detik itu dirilis oleh Polisi Perbatasan Indo-Tibet (ITBP) pada hari Senin lalu. Kamera yang merekam pendakian itu ditemukan terkubur salju dekat jenazah ditemukan pada Juni.
Rekaman Video 8 Pendaki Tewas di Himalaya DitemukanFoto: (Reuters/BBC)


Menurut juru bicara ITBP, Vivek Kumar Pandey, berat badan mereka bisa jadi penyebabnya. Yakni memicu salju longsor.

Video ini sekarang digunakan untuk membantu menganalisis apa yang salah dengan pendakian misi mereka. Seperti kecelakaan pesawat terbang, kamera yang mereka gunakan diibaratkan seperti kotak hitam.

"GoPro terbukti seperti kotak hitam sebuah pesawat yang memberikan wawasan tentang beberapa saat terakhir dari para pendaki", kata wakil inspektur jenderal ITBP, APS Nambadia.

"Memukau kita saat melihat rekamannya," imbuhnya.

BACA JUGA: Apa Bedanya Hipotermia, Frostbite dan Altitude Sickness?

Kelompok ini memulai pendakian mereka pada 13 Mei, dipimpin oleh pemandu gunung berpengalaman Inggris Martin Moran. Perusahaannya berbasis di Skotlandia, yakni Moran Mountain dan telah memiliki banyak pengalaman ekspedisi di Pegunungan Himalaya.

Kelompok itu terdiri dari John McLaren, Rupert Whewell dan dosen University of York Richard Payne dari Inggris. Warga negara AS yakni Anthony Sudekum dan Ronald Beimel, lalu Ruth McCance dari Australia dan pemandu dari India bernama Chetan Pandey.




Simak Video "3 Jenazah Pendaki Tampomas Dimakamkan di Indramayu"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA