Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Jul 2019 23:15 WIB

TRAVEL NEWS

Archipelago Mulai Terapkan Fasilitas Ramah Lingkungan di Hotel

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Ilustrasi kamar hotel (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi kamar hotel (Thinkstock)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
Tangerang - Masalah sampah, khususnya limbah plastik kini menjadi masalah dunia. Grup hotel Archipelago pun menanggapi masalah ini dengan serius.

Limbah plastik yang dihasilkan dari hotel mencapai jumlah besar. Mulai dari bekas produk sabun, sikat gigi, plastik hingga botol minum. Inilah yang mendasari grup hotel Archipelago untuk ikut menyelamatkan bumi.

"Saya membaca riset bahwa ada setidaknya sampah yang dihasilkan manusia mencapai 10 juta jumlahnya setiap tahun. Hal ini dilakukan untuk menjaga alam, khususnya laut," ujar Winston Hanes, Director of Operations Archipelago Hotel Group saat ditemui dalam peresmian favehotel Hasyim Ashari Tangerang, Rabu (10/7/2019).

Maka dari itu, sejumlah fasilitas hotel grup Archipelago kini menggunakan produk ramah lingkungan. Mulai dari kamar, amenitas hingga beberapa fasilitas lainnya.

"Misalnya saja air minum. Kita mengganti botol plastik dengan gelas dan jug besar. Di setiap lantai, kami sediakan dispenser untuk mengambil air. Begitupun wrapping plastik yang diminimalisir," tambah dia.

Beberapa amenitas pun juga menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan. Seperti sabun, shampoo, sisir bahkan sikat gigi.

"Kami juga sudah mengganti shampoo dan sabun menggunakan tube besar. Sikat gigi yang kami berikan pun terbuat dari bambu," tambah dia.

BACA JUGA: Parahnya Pemanasan Global, Es Himalaya Pun Mencair

Menurut Winson, hal ini akan dilakukan bertahap. Pihak Archipelago masih akan terus bekerja sama dengan pihak-pihak profesional yang dapat membantu mengurangi limbah plastik.

Hal ini pun bisa dibilang positif untuk menjaga lingkungan. Terang saja, sampah plastik menjadi masalah serius yang dihadapi bumi. Sejumlah restoran pun kini sudah memberlakukan hal yang sama untuk meminimalisir penggunaan plastik yang tidak dapat terurai.

"Kedepannya, kami juga akan menggunakan sedotan yang terbuat dari singkong yang lebih ramah lingkungan. Karena sedotan plastik dapat berbahaya kedepannya, dan penggunaanya sangat banyak," imbuh dia.


Simak Video "Ngeri! Truk Tanah Terguling dan Timpa Mobil di Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(sna/aff)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED