Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Jul 2019 14:35 WIB

TRAVEL NEWS

RI Terpilih Jadi Tuan Rumah Asia Pacific Cities Summit Mayor's 2021

Muhammad Idris
detikTravel
Foto: Kemenpar
Foto: Kemenpar
Jakarta - Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Asia Pacific Cities Summit Mayor's Forum 2021. Ini setelah Tim Indonesia memenangkan bidding di Brisbane, Australia. Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Admyani menjelaskan, kepastian itu didapat Rabu (10/7/2019).

"Selamat dan sukses untuk Indonesia yang pada hari ini, 10 Juli 2019, berhasil memenangkan bidding di Brisbane Australia. Kita akan menjadi tuan rumah untuk event Asia Pacific Cities Summit Mayor's Forum 2021," papar Giri dalam keterangannya, Kamis (11/7/2019).

Dijelaskannya, Asia Pacific Cities Summit Mayor's Forum 2021 akan diselenggarakan di Bali , Indonesia. Event MICE ini akan dihadiri sekitar 1500 delegasi. Terdiri dari walikota dan perwakilannya dari seluruh kota di Asia Pasifik.

"Ini kerja yang luar biasa. Karena, Indonesia harus bersaing dengan Vietnam dan Malaysia pada tahap final. Tim Indonesia tampil solid dengan membawa Tim Bidding yang mampu meyakinkan Organizing Committte APCSMF," kata Giri Adnyani menjelaskan perjuangan Tim Indonesia.

Tim Bidding Indonesia terdiri dari berbagai unsur penting. Mereka menjadi stakeholder dan opinion leader yang mampu berkomitmen serta meyakinkan OC. Tim bidding Indonesia terdiri dari Pemda (Walikota Denpasar), Pusat (Deputi Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata) Professional Congress Organizer (Rajawali Convex), Tim Percepatan Pengembangan MICE dan Biro Konvensi Pameran Indonesia (INACEB).


Sementara Asdep Pengembangan Wisata Alam dan Buatan Kemenpar Alexander Reyaan, sukses ini membuat Indonesia makin percaya diri.

"Kesuksesan bidding ini semakin menambah kepercayaan diri dan optimisme MICE Indonesia. Sekaligus menjadi pola kerja sama antara stakeholders MICE dalam memenangkan Bidding MICE Internasional," katanya.

Namun, tugas besar menanti Indonesia setelah kemenangan bidding ini. Yaitu komitmen perlunya pelaksanaan site inspection dan delegate boosting sebelum penyelenggaraan event di tahun 2021.

"Namun saya juga berharap sukses ini menjadi awal akan keberhasilan lainnya. Dan Indonesia makin sering memenangi bidding dan menjadi host untuk banyak kegiatan," harapnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, mengatakan keberhasilan ini tidak akan tercipta tanpa kerja sama yang solid.

"Butuh semangat yang sama. Karena tim bidding Indonesia terdiri dari beberapa unsur. Semua bekerja buat Indonesia. Dan hasilnya kita terpilih menjadi tuan rumah. Semangat seperti ini yang harus kita usung. Dan sekarang kita harus bersiap membuktikan diri jika kita bisa menjadi tuan rumah yang baik," papar Rizki.


Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi tinggi buat Tim Bidding Indonesia. Karena berhasil meyakinkan OC.

"Untuk urusan MICE, Indonesia bisa bersaing di level internasional. Apalagi, tahun 2018 lalu kita dipercaya menjadi tuan rumah untuk event-event besar. Seperti Asian Games dan Annual Meeting World Bank-IMF. Jadi kualitas Indonesia sudah terbukti," katanya.

Arief juga berharap sukses serupa akan terus terjadi. Karena akan menjadi bukti jika dunia internasional percaya terhadap Indonesia.

"Jika sukses menjadi tuan rumah, kepercayaan dunia terhadap Indonesia akan bertambah. Dan hal ini sangat penting buat posisi Indonesia di mancanegara. Semangat Indonesia Incorporated harus terus ditiup untuk kesuksesan Indonesia," tuturnya.

Simak Video "Ubud Akan Jadi Percontohan Destinasi Kuliner Kelas Dunia "
[Gambas:Video 20detik]
(prf/mpr)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA