Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Jul 2019 08:20 WIB

TRAVEL NEWS

Domba Ciamis Bergaya di Karpet Merah

Dadang Hermansyah
detikTravel
Kemeriahan Sheep Show Domba di Festival Ternak Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom)
Kemeriahan 'Sheep Show' Domba di Festival Ternak Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Di Ciamis, yang bergaya di karpet merak bukanlah model cantik, melainkan hewan ternak. Mereka didandan seapik mungkin untuk meramaikan festival.

Festival Ternak atau Pesta Patok Kabupaten Ciamis kembali digelar. kali ini digelar di Lapang Wirabaya Kecamatan Rajadesa, Dalam festival ini ada 'Sheep show' yang ditunggu-tunggu dan menjadi perhatian warga.

Pantauan detikcom, Rabu (10/7/2019) layaknya model, puluhan domba peserta kontes didandani oleh peternaknya dengan kostum dan aksesoris. Kemudian berjalan di catwalk dengan karpet merah tapi sambil dituntun pemiliknya. Festival ternak ini digelar oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis.

Di hadapan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan para pejabat yang hadir, domba diharuskan berputar atau menunjukan kegagahannya untuk kemudian dinilai oleh juri dari Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI).

Domba Ciamis Bergaya di Karpet Merah(Dadang Hermansyah/detikcom)


Aksi para domba ini menjadi daya tarik tersendiri bagi ratusan masyarakat dan wisatawan yang hadir. Beberapa domba memiliki nama-nama unik seperti Si Angker, Si Zaki, Si Bonar, Si Kapas, Si Pasar, Si Kasep, Sangkuriang dan lainnya.

Ada momen lucu dari 'Sheep show' ini, beberapa domba diantaranya ada yang tak menurut dan ingin diam di tengah catwalk, bahkan ada juga yang berlari, sehinga membuat gelak tawa warga yang hadir. Kontes domba ini bisa dikatakan sebagai pengganti ketangkasan domba yang saat ini tak lagi digelar di Pesta Patok Ciamis.

"Kontes domba ini kita ingin memperlihatkan kepada masyarakat, domba garut yang dihasilkan peternak di Ciamis. Juga sebagai salah satu daya tarik di festival ternak ini," ujar Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis Otong Bustomi.

Domba Ciamis Bergaya di Karpet Merah(Dadang Hermansyah/detikcom)


Menurutnya, dengan kontes domba ini juga sebagai salah satu upaya untuk mengevaluasi, sejauh mana kemampuan dan keterampilan dalam mengurus ternaknya. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan harga jual atau nilai tambah, terutama bagi pemenang kontes.

"Peserta ada puluhan, dibagi dalam beberapa kategori, mulai dari ratu bibit, petetan, pejantan dan lainnya. Yang dinilai dari umur, pertumbuhannya, bentuk tubuh, kekompakan tubuh dan kesehatan juga keserasian bulu," terangnya.

Domba Ciamis Bergaya di Karpet Merah(Dadang Hermansyah/detikcom)


Otong menyebut harapan ke depan festival ternak atau pesta patok ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian di Ciamis, khususnya untuk dunia peternakan.



Simak Video "Maling Motor di Ciamis, Pria Ini Ditelanjangi dan Diamuk Massa"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA