Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Jul 2019 21:50 WIB

TRAVEL NEWS

Marak Guide Ilegal Rusia, Bali Bentuk Tim Satgas

Aditya Mardiastuti
detikTravel
Foto: (dok/Humas Pemprov Bali)
Foto: (dok/Humas Pemprov Bali)
Denpasar - Maraknya guide ilegal asal Rusia bikin Pemprov Bali gerah. Tim satgas akan dibentuk untuk menanggulanginya.

Dinas Pariwisata Provinsi Bali sudah mendapatkan laporan soal keberadaan guide ilegal asal Rusia yang bikin resah pemandu lokal. Sebagai tindak lanjutnya, Dispar bakal membentuk tim satgas untuk mengatasi persoalan ini.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Bali Putu Astawa mengatakan pihaknya juga sudah rapat dengan pihak-pihak terkait pada Selasa (9/7) lalu. Pertemuan itu mengundang pihak Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), perwakilan dari Dinas Pariwisata Badung, Kantor Imigrasi Denpasar, Satpol PP Bali dan Kabupaten Badung.

"Saya sudah rapatkan dengan menghadirkan imigrasi, HPI dari divisi Rusia, Satpol PP baik provinsi maupun kabupaten Badung dan Denpasar untuk menyamakan persepsi kita terhadap keluhan HPI guide-guide itu. Dari kesimpulan itu terungkap informasi itu," kata Astawa saat berbincang via telepon, Jumat (12/7/2019).

BACA JUGA: Guide Ilegal Rusia Bikin Resah Pemandu Wisata Lokal Bali

Dari hasil rapat itu pihaknya berencana untuk mebentuk satgas khusus yang berkepentingan untuk menangani guide-guide ilegal di Bali. Nantinya leading sector satgas ini berada di bawah Dinas Pariwisata dengan anggota Imigrasi dan Satpol PP.

"Solusinya nanti saya akan menjelaskan ke Satpol PP karena ada perda-perda yang ditegakkan Satpol PP mana yang legal dan non legal. Nanti kita akan bentuk satgas yang akan dianggotai unsur-unsur dari Imigrasi, HPI, Satpol PP, nanti kita lakukan sidak-sidak begitulah untuk menertibkan yang begitu-begitu. Jadi solusinya diperlukan satgas untuk penegakan hukum bagi yang ilegal-ilegal itu," urainya.

Dia menambahkan pihaknya sudah mengajukan proposal ke Gubernur Bali Wayan Koster terkait pembentukan tim satgas ini. Jika nantinya disetujui pihaknya juga bakal menyusun anggaran untuk penindakan.

Marak Guide Ilegal Rusia, Bali Bentuk Tim SatgasFoto: (dok. Humas Pemprov Bali)


"Kalau diperlukan kita masih mengajukan pak gub kalau disetujui kita perlu diback up Satpol PP biar ada satgas, kalau butuh dideportasi kan ada imigrasi poksinya ini, kalau dia kerja harus ada dari tenaga kerjanya, jadi keterlibatan dari stake holder harus kita rangkul supaya holistik dan komprehensif penangannya. Nanti setelah turun ACC dari pak gubernur baru akan kita tindak lanjuti dengan anggaran, biar optimal," paparnya.

Keluhan soal keberadaan guide ilegal asal Rusia itu disampaikan HPI Bali. Mereka menyoroti soal penjualan paket tur dengan harga murah sehingga merusak harga pasar hingga soal merugikan pemandu wisata lokal yang biasa mengambil turis Rusia.

Marak Guide Ilegal Rusia, Bali Bentuk Tim SatgasFoto: Guide ilegal asal Rusia yang menutupi wajahnya (dok HPI)


Simak Video "Jangkrik Aduan, Denpasar, Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA