Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Jul 2019 17:05 WIB

TRAVEL NEWS

Penuh Warna, Festival Layang-layang Pangandaran Resmi Dibuka

Andi Nurroni
detikTravel
International Kite Festival (PIKF) 2019 (Andi Nurroni/detikcom)
International Kite Festival (PIKF) 2019 (Andi Nurroni/detikcom)
Pangandaran - Langit Pangandaran terlihat berbeda akhir pekan ini. Karena ada festival layang-layang Internasional yang siap menghibur wisatawan di Pangandaran.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara resmi membuka ajang Pangandaran International Kite Festival (PIKF) 2019 di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (13/7/2019). Digelar di kawasan wisata Pantai Timur Pangandaran, kegiatan tahunan tersebut meriah dengan berbagai kegiatan.

Berbicara kepada media, Emil, demikian sang Gubernur disapa, mengaku bangga bisa menyaksikan langsung kegiatan yang sudah berlangsung selama 30 tahun ini. Terlebih, kata Emil, banyak peserta dari luar negeri, seperti dari ASEAN dan Eropa.

"Ini tentunya akan meningkatkan citra positif Pangandaran sebagai destinasi pariwisata," ujar Emil.

(Andi Nurroni/detikcom)(Andi Nurroni/detikcom)

Tak sendiri, Emil datang didampingi istri, Atalia Praratya serta Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. Dari pihak tuan rumah, hadir Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari.

Bersama-sama, para pejabat teras tersebut membuka kegiatan dengan memainkan perkusi gondang serta menerbangkan layangan. Sebelumnya, ajang pembukaan diisi defile peserta dan komunitas serta tari penyambutan.

Pada hari kedua, layangan yang diterbangkan jauh lebih beragam. Layangan balon dengan ukuran-ukuran besar menjadi daya tarik tersendiri, seperti karakter kartun, hewan dan bentuk-bentuk unik lainnya

Tercatat pelayang dari 17 negara mengikuti ajang ini. Beberapa negara asal peserta adalah Perancis, Jepang, Polandia, Malaysia, India dan Makau.

(Andi Nurroni/detikcom)(Andi Nurroni/detikcom) Foto: undefined

(Andi Nurroni/detikcom)

Endang Drajat, Pendiri Museum Layang-Layang Indonesia sekaligus peserta PIKF 2019 mengaku senang bisa kembali mengikuti kegiatan tersebut. Endang mengapresiasi, dari tahun ke tahun, ajang PIKF semakin baik.

"Saya sudah nggak kehitung ikut (PIKF) di Pangandaran. Sekarang peserta semakin banyak, cuman tempatnya jadi kurang besar," kata dia.

Pada hari kedua, Endang menyayangkan anginnya patah-patah sehingga beberapa layangan sulit diterbangkan. Ia berharap sore hari serta esok anginnya lebih bagus.

"Tapi secara keseluruhan oke," kata Endang.

(Andi Nurroni/detikcom)(Andi Nurroni/detikcom)


Simak Video "Destinasi Wisata Pantai Eksotik, Pangandaran"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED