Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Jul 2019 17:18 WIB

TRAVEL NEWS

2 Tempat Asyik untuk Sambut Gerhana Bulan

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Ilustrasi gerhana bulan sebagian (Reuters)
Ilustrasi gerhana bulan sebagian (Reuters)
Jakarta - Rabu dini hari nanti akan ada gerhana bulan di langit Indonesia. Inilah dua tempat spesial untuk menyambutnya.

Gerhana bulan terjadi ketika bumi menghalangi cahaya matahari untuk mencapai bulan. Gerhana bulan parsial atau sebagian akan terjadi di Indonesia para Rabu, 17 Juli 2019.

Berdasarkan keterangan resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Selasa (16/7/2019) gerhana bulan parsial kali ini akan berdurasi 5 jam 3,74 menit. Waktu terjadinya fase gerhana adalah sebagai berikut:

Gerhana mulai: 01.42 WIB
Gerhana sebagian mulai: 03.01 WIB
Puncak gerhana: 04.30 WIB
Gerhana sebagian berakhir: 06.00 WIB
Gerhana berakhir: 07.19 WIB.

Gerhana bulan ini bisa dinikmati di langit Indonesia. Kalau traveler mau menikmatinya beramai-ramai, ada dua tempat yang bisa direkomendasikan:

1. Plaza Teater Jakarta

Disparbud Provinsi DKI Jakarta dan Planetarium Jakarta menggelar acara peneropongan umum gerhana bulan sebagian. Acara ini diadakan di Plaza Teater Jakarta, Jl Cikini Raya No 73, Menteng, Jakarta Pusat.

Kegiatan ini terbuka untuk umum dan gratis, namun kalau cuaca buruk acara ini dibatalkan. Acara ini dimulai pada pukul 21.00 WIB untuk mengamati Jupiter dan Saturnus serta berakhir pada pukul 06.00 WIB keesokan harinya.

2. Masjid Raya Jakarta Islamic Center

Melihat fenomena alam sambil beribadah, kenapa tidak? Banyak umat muslim menyambut gerhana dengan kegiatan ibadah salah gerhana bulan.

Kalau kamu tertarik, bisa datang ke Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC), Koja, Jakarta Utara. Di sana akan diadakan salat gerhana bulan.

Di Masjid Raya JIC, lanjut Rakhmad, salat gerhana bulan akan dilakukan sebelum salat subuh, pukul 03.00-04.00 WIB. Ustaz dari Madinah akan jadi imam sedangkan khatib oleh KH Ma'arif Fuadi.

Simak Video "Tetap Waspada Ya! Ini Efek Gerhana Bulan Total"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA