Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Jul 2019 17:45 WIB

TRAVEL NEWS

PR Besar Calender of Event: Buat Event Wisata Khusus Millenial

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: (Thinkstock)
Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Dari sekian event wisata unggulan di Calender of Event (CoE) Kemenpar, belum ada satu event pun yang khusus untuk millenial. Ini PR yang harus diselesaikan.

Setiap tahun, Kementerian Pariwisata mengeluarkan Calender of Event (CoE) yang berisi event-event wisata unggulan yang sudah dikurasi oleh para praktisi yang berkompeten. Dari sekitar 100 event yang masuk dalam CoE, ternyata belum ada satu pun event yang dibuat khusus untuk traveler milenial.

Padahal pasar traveler milenial saat ini sangat besar. Sekitar 51% turis zaman sekarang, rentang umurnya masuk golongan millenial. Ini merupakan PR sekaligus tantangan untuk menghadirkan event wisata yang disukai oleh mereka.

"Event kita ada berapa? 100. Ditambah ada 2.000-3.000 local event. Ada nggak yang untuk millenial? Jawabannya nggak ada, baik itu di Top 10 dan Top 100. Berapa jumlah turis milenial sekarang? 51 persen. Mereka ini yang akan jadi kustomer kita sekarang dan mendatang. Tapi saya bisa katakan, kita belum melayaninya dengan baik," ungkap Menpar Arief Yahya dalam acara Coaching Clinic Calender of Event (CoE) 2019 di Sparks Luxe Hotel Jakarta, Rabu (17/7/2019).

BACA JUGA: Milenial, Sosial Media & Traveling (Masih) Tidak Bisa Dijauhkan

Menpar Arief pun ingin agar para turis milenial ini dibuatkan suatu event wisata khusus yang akan menarik minat mereka. Arief pun mengungkapkan data 10 event yang digemari oleh milenial berdasarkan survey di media sosial.

Hasilnya, dari 10 event millenials ini, tidak ada satupun event yang berasal dari daftar CoE Kemenpar. Hanya ada 2 event budaya, itu juga duduk di peringkat 9 secara bersamaan.

"Top 10 Event Millenials:
10. Soundsation
9. Grebek suro dan Festival Nasional Reog Ponorogo
8. The 90's Festival
7. Super Adventure Monster Road
6. Hodge Podge Festivalt
5. We the Fest
4. Jogja Air Show
3. Indonesia Color Run
2. Djakarta Warehouse Project
1. Soundrenaline, Ini pilihan mereka, jangan didebat," lanjut Arief.

Arief pun ingin agar minat dan keinginan para traveler milenial ini diakomodir dengan membuatkan juga Calender of Event (CoE) untuk mereka.

"Pokoknya saya mau kita punya CoE untuk milenials. Kalau kita tidak punya, itu berarti kamu belum melayani pelangganmu dengan baik," tutup Arief.



Simak Video "Melihat Eloknya Jakarta dari Lensa Kamera"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA