Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Jul 2019 22:30 WIB

TRAVEL NEWS

Mungkin Ini Lokasi Memotret Pesawat Paling Berbahaya

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Pesawat maskapai British Airways yang mendarat rendah (Youtube)
Pesawat maskapai British Airways yang mendarat rendah (Youtube)
Skiathos - Mungkin di antara traveler ada yang punya hobi spotting atau memotret pesawat. Bandara di Yunani ini mungkin adalah yang paling berbahaya!

Adalah Bandara Skiathos di Yunani, salah satu yang disebut paling ekstrem untuk spotting pesawat. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Selasa (16/7/2019), lokasinya ada di Pulau Skiathos di sebelah Utara Yunani seperti diberitakan media The Sun.

Pekan lalu bandara ini pun sempat viral setelah salah satu warganet mengunggah video dari pesawat Embraer E190 milik British Airways yang mendarat sangat rendah. Tak sedikit traveler yang terhempas saat mencoba mengabadikan momen itu.

"Orang-orang yang melihat pesawat itu dari dekat terhempas dari tembok oleh turbulensi yang tercipta dari Embraer," ujar warganet.

Diketahui, Bandara Skiathos berada di tepian pantai dengan ketinggian hanya 16 meter di atas pemukaan laut. Kalau pesawat mau mendarat, harus melintasi pantai dan jalan raya dengan posisi terbang yang sangat rendah!

BACA JUGA: Landasan Pacu Pesawat yang Kadang Ada, Kadang Tiada

Kala pesawat hendak mendarat, orang dan kendaraan pun dilarang melintas di jalan raya. Tapi tetap saja, traveler yang ada di pantai di dekat landasan pacu tempat pesawat mendarat, akan sigap memotret dan mengabadikan momen pesawat mendarat di dekat kepala mereka.

Posisinya yang dekat jalan raya, harus membuat pilot berhati-hati. Bahkan, landasan pacunya juga sangat pendek, cuma sepanjang 1.600-an meter. Pilot yang mendaratkan pesawat di Bandara Skiathos, diharuskan mereka yang berpengalaman dan khususnya sudah ahli mendaratkan pesawat di landasan pacu yang pendek.

Pesawat yang terbang langsung (direct Flight) ke Bandara Skiathos adalah Olympic Air. Penerbangan dari Kota Athena, ibukota Yunani, dengan memakan waktu 45 menit.

Bandara Skiathos pun disebut mirip dengan Bandara Internasional Princess Juliana di Karibia. Turis bisa merasakan pesawat mendarat di atas kepala. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA