Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Jul 2019 22:05 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Dia 7 Tarian Betawi yang Wajib Kamu Ketahui

Lusiana Mustinda
detikTravel
Foto: Rifkianto Nugroho
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Tarian Betawi jadi salah satu peninggalan budaya yang wajib dilestarikan. Ada banyak jenis tarian Betawi yang perlu kamu tahu. Mulai dari tari ondel-ondel hingga topeng.

Tarian tradisional bisa dikatakan sebagai bagian dari identitas bangsa. Namun adanya budaya asing yang masuk bisa membuat tarian ini semakin terlupakan.

Tarian Betawi sangat erat dengan alunan irama musik tradisional. Sehingga jika tarian ini ditinggalkan tentu seni musik Betawi juga lambat laun akan terlupakan juga.

Berikut ini beberapa jenis tarian Betawi apa saja yang perlu kamu ketahui:

1. Tari Topeng Betawi

Tari Topeng Betawi merupakan seni hasil gabungan dari seni drama, nyanyian, dan tarian. Kombinasi ketiganya menjadi alasan tarian topeng sering dikataan sebagai tarian teather.

Tarian ini sering dipamerkan saat acara pernikahan hingga khitanan. Gerakannya yang luwes membuat tarian ini sangat enak dilihat. Apalagi alunan musiknya sangat cocok dikombinasikan dengan gerakan sang penari. Bahkan, tarian ini sudah dikenal hingga kemancanegara.

Tarian Betawi yang harus dilestarikan.Tarian Betawi yang harus dilestarikan. Foto: Rifkianto Nugroho

2. Tari Yapong

Tarian Yapong ini pertama kali diciptakan oleh Bagong Kusudiardjo pada tahun 1975. Tarian ini selalu ada dan tak pernah absen ketika peringatan ulang tahun kota Jakarta.

Nama Yapong, diambil dari bunyi lagu 'ya ya ya' yang dipadukan dengan suara suara musik 'pong pong pong' sehingga disebut dengan Yapong. Iringan musiknya dihasilkan dari Rebana Biang, Rebana Ketimpring, dan Rebana Hadroh.


3. Tari Japin Betawi

Tari Japin atau Tari Zapin Betawi merupakan campuran dari tarian Melayu yang dipengaruhi oleh kebudayaan Arab. Kata Zapin dalam tarian ini berasal dari bahasa Arab yaitu Zafana yang artinya bertandak atau menari.

Keunikan dari tarian Betawi ini tidak berpusat pada kepala tetapi langkahan kaki. Diiringi dengan musik vokal yang dibawakan oleh para penyanyi pria dan wanita untuk membawakan lagu melodi.

Kostum penari japin pria biasanya memakai kopiah sebagai hiasan kepala, baju kampret, celana batik, sarung, dan selendang.

4. Tari Sirih Kuning

Tarian Betawi yang satu ini juga jadi salah satu tarian populer. Tarian ini umumya dibawakan secara berpasangan dengan iringan musik khas Betawi yaitu Gambang Kromong.

Penari tari sirih kuning mengenakan kostum kebaya kurung dengan celana panjang berbahan sutera khas cina peranakan dengan warna cerah.

Tarian Betawi yang bernilai seni tinggi.Tarian Betawi yang bernilai seni tinggi. Foto: Grandyos Zafna

5. Tari Cokek

Tari Cokek ini disebut sebagai tarian interaktif antara penari dan penonton. Sang penari membelitkan selendang ke penonton dan penonton pun dilarang menolak ajakan untuk menari bersama.

Hampir sama dengan Tari Sirih Kuning, Tari Cokek juga diiringi dengan musik gambang kromong.

6. Tari Renggong Manis

Tari Renggong manis termasuk salah satu tarian Betawi yang berasal dari budaya Arab, Cina Klasik, Betawi, dan India. Gerakan tari yang dinamis dan penuh keceriaan jadi alasan kenapa tarian ini selalu jadi media penyambutan tamu khusus.

7. Tari Sembah Nyai

Tarian Betawi ini diiringi oleh alunan musik dari Gambang Kromong. Tari tradisional ini memiliki unsur Melayu pada gerakannya. Kostum berwarna putih dengan paduan kain dengan warna-warna cerah membuat tarian ini semakin indah.

Selain ketujuh tarian tersebut, ada pula tarian ondel-ondel dari Betawi yang dilakukan untuk menyambut para tamu dan menambah semarak pesta-pesta rakyat.





Simak Video "Wisatawan Kecewa Tak Bisa Nikmati Blue Fire Kawah Ijen"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)
BERITA TERKAIT