Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Jul 2019 22:55 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Penyelam Selamatkan Mata Ikan Pari Manta

Syanti Mustika
detikTravel
Penyelamatan pari Malta (montyhallsfamily/Instagram)
Penyelamatan pari Malta (montyhallsfamily/Instagram)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
Perth - Sebuah video viral memperlihatkan seorang penyelam menyelamatkan pari manta yang matanya tertusuk kait nelayan. Ada cerita dibalik penyelamatan ini.

Dilansir detikcom dari beragam sumber, Minggu (21/7/2019) sebuah video memperlihatkan aksi heroik seorang penyelam yang menolong seekor pari manta. Diketahui video ini diambil di Ningaloo Reef, Australia.

Penyelam ini bernama Jake Filton, seorang fotografer bawah laut dari Ningaloo Marine Interactions. Dia bersama kelompoknya saat sedang snorkling dihampiri oleh seekor pari malta yang berenang mengelilinginya. Pari malta ini dipanggil oleh warga sekitar dengan nama Freckles.

Freckles pun berenang memutari Jake untuk mempelihatkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan matanya. Jake pun menyadari dan melihat ada kail pancing yang tersangkut di mata pari ini.

Monty Hall, ahli biologi dan kelautan Inggris yang juga ikut dalam rombongan selam Jake menceritakan bahwa Freckles menghampiri Jake, seolah dia mengenali Jake dan meminta bantuannya.



Jake merupakan salah satu instruktur selam di perairan itu dan sering kali berenang dan snorkling di kawasan tersebut. Freckles datang seolah dia kenal dan tidak asing dengan sosok Jake dan mempercayakan matanya kepada Jake.

Peralatan selam yang tidak memadai, serta posisi kait yang megancam matanya menambah kesulitan dalam penyalamatan ini. Jake pun harus berulang kali bolak-balik masuk ke air untuk membantu Freckles.

Menakjubknnya lagi, Freckles sangat tenang dan tetap menunggu Jake di dasar saat Jake berenang mengambil nafas di permukaan. Seolah Freckles memahami kondisi yang sedang dihadapi oleh Jake.



Setelah beberapa kali mencoba, akhirnya kail pun terlepas dari mata Freckles. Dia tidak langsung berenang dan tetap berada di posisi awalnya, seolah dia ingin mengucapkan terimakasih kepada Jake dan kawan-kawan.

Aksi penyelamatan ini pun viral, dan beragam media internasional memberitakan kisah ini. Ditambah lagi Coral Bay di Ningaloo Reef merupakan salah satu tempat terbaik di dunia untuk menikmati bawah laut.

Simak Video "Bersantai di Taman Kota Gratis dan Terbesar di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/aff)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
BERITA TERKAIT
BACA JUGA