Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Jul 2019 07:10 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Tidur Saat Pesawat Take Off dan Landing, Ini Alasannya

Bonauli
detikTravel
Ilustrasi (iStock)
Jakarta - Saat duduk di pesawat, rasanya ingin istirahat saja. Tapi ingat, jangan tidur saat pesawat hendak lepas landas dan akan mendarat ya.

Tidur menjadi salah satu cara penumpang untuk bersantai saat berada di pesawat. Melepas lelah sebentar dengan menutup mata biasanya dimulai ketika penumpang sudah duduk manis di bangkunya.

Dilihat detikcom dari Instagram resmi Angkasa Pura, Jumat (26/7/2019) ada 2 waktu yang sebaiknya penumpang tidak tidur di pesawat, yakni saat lepas landas dan juga mendarat. Mengapa?

Saat lepas landas dan mendarat terjadi pergantian tekanan udara pada kabin pesawat yang signifikan. Hal itu bakal berdampak terhadap pendengaran.

View this post on Instagram

#SahabatAP1, pernah dibangunkan pramugari sesaat sebelum lepas landas dan mendarat? Alasan utamanya adalah saat lepas landas dan mendarat terjadi pergantian tekanan udara pada kabin pesawat yang signifikan dan memiliki dampak terhadap pendengaranmu. Saat dalam kondisi terjaga, telinga dapat menyesuaikan perubahan tekanan udara secara alami. Namun jika kamu tertidur, telinga tidak dapat menyesuaikan tekanan udara secara maksimal. Untuk itu, kamu bisa memperkirakan kapan waktu mendarat dan menghindari tidur saat sudah dekat waktu mendarat. Biar nggak ngantuk, kamu bisa coba untuk mengunyah permen karet, membaca majalah, atau mengajak ngobrol penumpang di sebelah. Dengan nggak tidur saat take off dan landing, kamu jadi punya kesempatan untuk melihat pemandangan indah dari jendela pesawat, deh. Yuk, tag teman-teman kamu biar pada tahu. #AngkasaPura1 #AP1GoBeyond

A post shared by Angkasa Pura Airports (@ap_airports) on Jul 22, 2019 at 4:51am PDT



Saat dalam kondisi terjaga, telinga dapat menyesuaikan perubahan tekanan udara secara alami. Namun jika kamu tertidur, telinga tidak dapat menyesuaikan tekanan udara secara maksimal.

BACA JUGA: Tak Lagi Sengsara, Ini Inovasi Kursi Tengah Pesawat

"Untuk itu, kamu bisa memperkirakan kapan waktu mendarat dan menghindari tidur saat sudah dekat waktu mendarat. Biar nggak ngantuk, kamu bisa coba untuk mengunyah permen karet, membaca majalah, atau mengajak ngobrol penumpang di sebelah," tulis Angkasa Pura pada kolom caption.

Selain itu, ada keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan terjaga saat lepas landas dan mendarat. Penumpang memiliki kesempatan untuk melihat pemandangan indah dari jendela pesawat.



Simak Video "Eks Direktur PT. INTI Dituntut 3 Tahun Penjara"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA