Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 29 Jul 2019 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

Miris! Jangkar Yacht Mewah Rusak Terumbu Karang di Gili Trawangan

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Jangkar yacht rusak terumbu karang di Gili Trawangan (dok. Philip Christoff/Istimewa)
Jangkar yacht rusak terumbu karang di Gili Trawangan (dok. Philip Christoff/Istimewa)
Gili Trawangan - Kejadian miris tentang rusaknya terumbu karang kembali terjadi. Kali ini di Gili Trawangan, gugusan karang itu hancur akibat jangkar kapal yacht mewah.

Beberapa waktu lalu, heboh peristiwa hancurnya gugusan terumbu karang di Kepulauan Kri, Raja Ampat akibat kandasnya Kapal Pesiar Inggris bernama Caledonian Sky. Kali ini kejadian serupa kembali terjadi, namun lokasinya di Gili Trawangan, NTB.

Gugusan terumbu karang cantik di dive spot bernama Deep Turbo rusak akibat jangkar kapal yacht bernama The Michela Rose. Potongan video di Instagram yang diambil oleh diver bernama Philip Christoff, pun memperlihatkan detik-detik saat jangkar dengan rantai sepanjang 50 meter itu melilit terumbu karang di dive site tersebut.



"Ya, benar. Kami menyelam di sana (Deep Turbo -red) pada 14.30 di hari Sabtu (27/7) kemarin. Terumbu karang itu ada di kedalaman 25-30 meter," kisah Philip lewat pesan kepada detikcom, Senin (29/7/2019).

Philip mengaku sudah memperingatkan kapal tersebut, tapi mereka seperti tidak mempedulikan peringatan Philip. Kapal Michaela Rose itu malah pergi di malam harinya, dan sampai saat ini tidak diketahui dimana keberadaannya.

"Kapal tersebut pergi malam harinya di hari yang sama," imbuhnya.

Soal kerusakan terumbu karang di dive site tersebut, Philip tidak bisa memberikan estimasi. Dia harus menyelam lagi untuk bisa memastikan berapa luas area kerusakannya.

"Rantai jangkar kapal itu sepanjang 50 meter, jadi tergantung bagaimana rantai tersebut bergerak saat mereka menarik rantai tersebut. Saya juga belum tahu sebelum saya pergi ke sana lagi dan melihatnya langsung," imbuh Philip.

Mengenai kejadian ini, Philip sudah melaporkan kepada pihak yang berwajib. Menurut Philip, saat ini mereka sedang melakukan investigasi.

"Saat ini mereka sedang mengukur kerusakan yang terjadi. Semua sudah dilaporkan ke otoritas yang berwenang saat itu juga," jelas Philip.

Simak Video "Gili Trawangan Lombok "
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA