Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 02 Agu 2019 21:36 WIB

TRAVEL NEWS

Dekat Pusat Gempa, Pegawai Hotel dan Warga Sumur Selamatkan Diri

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Pulang Umang Resort & Spa (Isymi Rachma/dTraveler)
Pulang Umang Resort & Spa (Isymi Rachma/d'Traveler)
Jakarta - Gempat magnitudo 7,4 mengguncang daerah Sumur, Pandeglang, Banten. Pegawai hotel dan warga menyelamatkan diri ke tempat tinggi.

Hal ini disampaikan Resort Manager Umang Resort & Spa, Erik Frederik saat dihubungi detikcom, Jumat (2/8/2019). Gempa terjadi di 147 km barat daya Sumur, Pandeglang, Banten di kedalaman dangkal, hanya 10 km.

Pemerintah pun memberi peringatan tsunami. Erik mengatakan para pegawai sudah menyelamatkan diri saat gempa terjadi pukul 19.03 WIB.

"Kebetulan resort kosong tanpa tamu karena lagi renovasi. Pas kejadian gempa semua pegawai mengungsi ke Huntara (hunian sementara-Red)," kata Erik.

Yang dimaksud Huntara adalah hunian sementara para keluarga korban gempa Pandeglang akhir 2018 lalu. Saat gempa terjadi menurut Erik, pegawai hotel dan masyarakat langsung lari ke Huntara.

"Karena masih trauma pengalaman dahulu, jadi tim Pulau Umang dan masyarakat lokal naik ke atas. Dari pantai ke Huntara sekitar 2-3 km," kata dia.

Resort Umang berada di pulau kecil lepas laut Pantai Sumur di Pandeglang. Bangunan unik berbentuk keong paling diingat oleh wisatawan. Resor ini punya bangunan di pulau dan di pantai sebagai area penerima tamu.

"Pegawai ada 16 orang di pulau dan bagian arrival, termasuk sekuriti. Kita mengungsi sambil ada sesekali ngecek lagi ke bawah (pantai-red)," kata dia.

Pegawai hotel dan masyarakat Desa Sumber Jaya menurut Erik masih berkumpul di titik aman. Mereka menunggu perkembangan berita.

"Masih pada ngumpul, kan menungggu sampai 2 jam," pungkas Erik.

Simak Video "Bupati Pandeglang Usai Gempa: Beberapa Rumah Runtuh, Tak Ada Korban"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA