Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 10 Agu 2019 09:33 WIB

TRAVEL NEWS

Water Bombing Akan Dicoba Lagi Untuk Padamkan Gunung Ciremai

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Area kebakaran Gunung Ciremai (BPBD Kuningan)
Area kebakaran Gunung Ciremai (BPBD Kuningan)

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
Jakarta - Segenap pihak masih berusaha memadamkan kebakaran di Gunung Ciremai. Water bombing akan dilakukan lagi. Pendakian untuk 17 Agustusan batal semua.

Dari rilis yang didapatkan detikcom, Sabtu (10/8/2019) dari Badan Penanggulakan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, akan dilakukan kembali water bombing. Water bombing ini menggunakan helikopter Bell 412SP berkapasitas 1.000 liter.

Pelaksanaannya adalah pagi ini antara pukul 06.00-10.00 WIB. Sementara itu pemadaman secara manual masih dilaksanakan yang dibantu oleh tim Pemantau dari puncak Gunung Ciremai dan Tim Dorongan Logistik.

Kondisi di Gunung Ciremai cerah berawan, angin berubah-ubah arah dengan kecepatan rendah hingga sedang. Api masih menyala di beberapa titik baik di area yang sudah terbakar maupun di perbatasan antara habitat edelweiss dan Hutan Alam menyebar ke arah timur dan angin bertiup ke arah utara.

Kondisi pada Jumat sore (9/8) api masih menyala di beberapa titik lokasi dan habitat pohon edelweiss dari ketinggian 2.600 Mdpl sampai puncak gunung Ciremai sudah terbakar. 150 personil terlibat untuk memadamkan Gunung Ciremai yang terdiri dari BPBD Kuningan, Taman Nasional Gunung Ciremai, Polhut, Perhutani, Brimob, Mitra Pengelola Pendakian Gunung Ciremai (MPPGC) Palutungan, masyarakat dan volunteer pecinta alam.

Jalur pendakian pun ditutup untuk waktu yang tidak ditentukan. Kegiatan naik gunung 17 Agustusan pun dipastikan batal.

Sebelumnya, Ketua Mitra Pengelola Pendakian Gunung Ciremai (MPPGC) Pos Palutungan Endun Abdullah kepada detikcom, Jumat (9/8) mengatakan ada 500 pendaki yang sudah membeli tiket online. Mereka akan dikembalikan uangnya. Agustus 2018 silam, tercatat 2.500 pendaki naik dari jalur Palutungan.

"Yang sudah memesan lewat online saja sudah ada konfirmasi untuk pengembalian tiket. Kita masih fokus proses pemadaman. Nanti uang pasti dikembalikan 100 persen, sesuai tarif Rp 60 ribu," katanya.

Simak Video "Heli Water Bombing Siap 'Menyiram' Gunung Ciremai"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/bnl)

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
BERITA TERKAIT
BACA JUGA