Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Agu 2019 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Pengamanan Berlapis-lapis Demi Naskah Proklamasi Asli

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pintu masuk ke ruangan khusus di ANRI tempat naskah Proklamasi asli (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Pintu masuk ke ruangan khusus di ANRI tempat naskah Proklamasi asli (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

FOKUS BERITA

Saga Naskah Proklamasi
Jakarta - Naskah Proklamasi adalah harta negara yang dijaga dengan pengamanan berlapis. Inilah pengalaman langsung melihat dokumen paling bersejarah di Indonesia.

Tim detikcom diizinkan meliput secara eksklusif Naskah Proklamasi yang otentik beberapa waktu lalu. Bukan di Istana Negara, museum atau tempat lainnya, adalah Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang berlokasi di Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan tempatnya.

Lokasi Naskah Proklamasi ini ada di salah satu depo atau penyimpanan arsip. Namun karena keistimewaannya, Naskah Proklamasi mendapat perlakuan khusus.

Pengamanan pertama adalah pintu ruangan yang hanya bisa diakses oleh orang tertentu. Ada kode-kode yang perlu dimasukkan untuk membuka pintu, atau pintunya ini sudah terbilang modern.

"Ini namanya ruangan khusus. Karena di ANRI ada beberapa jenis ruangan atau depot arsip kertas maupun audio visual. Di samping itu ada ruangan khusus untuk menyimpan arsip-arsip yang sangat berharga untuk negara," jelas Direktur Preservasi ANRI, Kandar.


Ada naskah apa saja di dalam ruangan khusus itu? Kata dia, di ruangan ini selain naskah Proklamasi tulisan tangan Bung Karno tahun 1945 yang disusun tanggal 16 Agustus, ada pula arsip tentang pidato Sukarno tentang Pancasila.

"Kemudian ada pula arsip-arsip BPUPKI, arsip tentang batas wilayah. Ada juga arsip Supersemar, walaupun yang asli belum ketemu. Tetapi ada tiga versi yang disimpan di sini," ungkap Kandar.

Pengamanan Berlapis-lapis Demi Naskah Proklamasi AsliLemari besi untuk menyimpan naskah Proklamasi (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Kembali ke pengamanan ruang khusus ini memang, jelas Kandar memiliki tiga lapis pengamanan. detikcom yang dibawa masuk ke sana, merasakan pengalaman bagaikan masuk ke ruangan harta di dalam film-film.

"Kita masuk pintu tadi ada kunci sendiri. Lalu kita masuk ada lemari besi ada kuncinya sendiri. Kuncinya memang masih konvensional. Tapi memang seperti itulah untuk lemari besi. Lemari ini sangat berat, 10 orang belum tentu bisa mengangkatnya," kata dia.

"Termasuk saya nggak bisa buka juga. Di dalam lemari besi ini ada brankas. Jadi ada khusus masuk ke brankas tetapi ada pula arsip yang di luar brankas. Tapi sudah ada pengamanan ekstra dibandingkan arsip-arsip yang lain," tegas dia.


Kenapa pengamanan naskah khusus sedemikian ketat? Kata dia, itu dikarenakan arsip yang disimpan ini sangat penting bagi negara Indonesia, maka harus diminimalkan kerusakannya.

"Ini karena arsip vital negara, sesuatu yang vital itu kan pengamanannya sangat khusus apalagi untuk negara. Nah ini tidak semata-mata untuk ANRI tapi untuk negara sekali lagi," urai dia.

Selain aman, proses pengawetan juga melingkupi brankas naskah Proklamasi asli. Jadi, setelah dimasukkan lagi dan disimpan, naskah Proklamasi tidak mengalami kerusakan.

"Di dalam lemari ada brankas yang menggunakan kode-kode khusus juga. Setelah masuk ke dalam brankas akan masuk boks kardus untuk pengamanan file-nya. Ini juga diatur kualitasnya, tidak asal kertas. Ukuran asam dan basahnya itu sudah standar," pungkas dia.

Momen HUT Kemerdekaan RI adalah saatnya menyelami lagi makna kemerdekaan Indonesia. Naskah asli Proklamasi memiliki makna mendalam dari coretan yang ada di dalamnya. Itu semua akan tersaji dalam artikel selanjutnya. Jangan lewatkan ya!

Simak Video "Melihat Eloknya Jakarta dari Lensa Kamera"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fay)

FOKUS BERITA

Saga Naskah Proklamasi
BERITA TERKAIT
BACA JUGA