Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Agu 2019 16:30 WIB

TRAVEL NEWS

Fosil Penguin Seukuran Manusia Ditemukan di Selandia Baru

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi penguin raksasa (dok Canterbury Museum)
Ilustrasi penguin raksasa (dok Canterbury Museum)
Christchurch - Sebuah fosil penguin raksasa baru saja ditemukan di sungai Selandia Baru. Ukurannya tak kalah dengan manusia dewasa.

Fakta itu pun diungkapkan oleh sekelompok peneliti dari Canterbury Museum, Selandia Baru. Dilansir detikcom dari CNN, Jumat (16/8/2019), fosil penguin yang memiliki nama latin Crossvallia Waiparensis itu ditemukn di Sungai waipara oleh pemburu fosil amatir.

Fosil penguin dengan tinggi 1,6 meter itu merupakan salah satu fauna raksasa yang dahulu tinggal di pulau tersebut. Termasuk burung kakatua terbesar, elang raksasa, kelelawar raksasa, moa dan sejumlah burung besar yang tak bisa terbang.

"Penemuan ini menguatkaan teori kami, kalau penguin pada awal evolusinya berukuran raksasa," ujar Vanesa De Pietri dari Canterbury Museum.

Memiliki berat sekitar 70-80 kg, penguin raksasa tersebut juga tak kalah beraat dengan manusia normal. Diketahui, penguin raksasa tersebut hidup sekitar 66 dan 56 juta tahun silam. Membuatnya jadi spesies penguin tertua.

Penemuan fosil penguin raksasa dengan spesies serupa juga pernah ditemukan di Antartika. Membuktikan adanya hubungan antara penguin raksasa Selandia Baru dan Antartika.

Simak Video "Cuitan Para Pemimpin Dunia soal Penembakan di New Zealand"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA