Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Agu 2019 07:10 WIB

TRAVEL NEWS

Tiket Pesawat Mahal, Kereta Api Jadi Solusi

Bonauli
detikTravel
Penumpang kereta api (Bona/detikTravel)
Penumpang kereta api (Bona/detikTravel)
Jakarta - Naiknya harga tiket pesawat membuat traveler harus pindah haluan. Moda transportasi kereta jadi pilihan sempurna untuk pergi liburan.

Tiket pesawat mahal memang membuat banyak traveler menjerit. Traveler yang mau jalan-jalan dengan budget hemat harus mencari transportasi alternatif.

Moda transportasi yang kini jadi solusi adalah kereta api. Kereta api Indonesia memiliki dua tipe yaitu lokal dan jarak jauh. Kereta api, ternyata membuka akses kepada banyak destinasi wisata di Indonesia.

Yang menjadi pembahasan detikcom kali ini adalah kereta api jarak jauh. Kereta api ini memiliki jalur yang terbentang sepanjang pulau Jawa. Sehingga menjadi moda transportasi darat pilihan untuk melakukan perjalanan di Pulau Jawa.

"Pastinya iya (naik), Lebaran kemarin naik 11 persen di H-10. Kalau dulu hanya weekend, sekarang hari-hari biasa juga padat," ujar Edi Sukmoro, Direktur Utama PT KAI, di Kantor Jakarta Railway Station.

Tahun 2017, jumlah penumpang KAI naik sampai 394 juta. Kenaikan ini terus bertambah di tahun 2018 dengan jumlah 425 juta penumpang.

Namun kendala lain muncul karena keterbatasan yang dimiliki oleh kereta api.

"Kereta api itu seat driven bukan passanger driven. Artinya tergantung kita kasih seat (tempat duduk) berapa. Kalau misalnya tahun ini KAI naikkan jadi 11 persen, tidak mungkin lebih jadi 15 persen. Karena seat yang tersedia cuma itu. Penumpang tidak bisa melebihi tempat duduk yang ada," jelas EDI.

Edi juga menambahkan perbedaan kereta api dengan jalan tol di jalur darat. Moda transportasi darat yang masuk jalan tol adalah passanger driven.

"Berapa pun bisa di load lewat toL, berbeda dengan kereta api. Misal satu keberangkatan kereta api punya kursi 1.400, tentu tidak bisa mengangkut 1.500" ujar Edi.

Lantas, apakah KAI akan menambah jadwal keberangkatan atau gerbong di masa depan?

"Yang pasti kita tambah, tapi seusai dengan rencana jangka panjang kita. Karena hal-hal seperti ini di pengalaman tahun-tahun lalu sangat dinamis," papar Edi.

Menurut Edi, saat ini permintaan kereta Jakarta-Bandung sangat tinggi, tapi kebanyakan adalah MICE. Tapi saat urusan bisnis selesai bisa jadi permintaan juga akan menurun.

"Kami tidak akan memprediksi sesuatu di luar rencana kerja," ungkap Edi.

Kelebihan kereta api sendiri terletak pada lokasi stasiun. Kalau biasanya bandara berada di luar kota besar, stasiun berada tepat di jantung kota. Sehingga dapat lebih memudahkan traveler yang ingin berwisata di sekitar kota.

detikcom akan membahas secara mendalam tentang kereta api, dan bagaimana traveler bisa liburan yang seru naik kereta ke berbagai destinasi yang ada. Simak terus ulasan khusus Travel Highlight: Liburan Pertama Naik Kereta.

Simak Video "Kompor Meledak di Kereta, 74 Penumpang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA