Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 31 Agu 2019 17:15 WIB

TRAVEL NEWS

Belajar Disiplin dari Wisman Saat Naik Kereta Api

Bonauli
detikTravel
Gerbong kereta sleeper luxury (Antara Foto)
Gerbong kereta sleeper luxury (Antara Foto)
Jakarta - Saat liburan dengan kereta api, mungkin semua penumpang terlihat sama. Tapi, ada perbedaan mendasar antara wisman dan wisnus di dalam kereta api.

Semua penumpang memiliki hak yang sama saat berada di dalam transportasi publik. Begitu pula saat berada di kereta api jarak jauh.

Namun ternyata wisatawan Nusantara harus belajar banyak dari turis asing. Seperti kedisiplinan dan kesadaran bersikap di tempat umum.

"Beda turis dengan wisatawan domestik. Turis lebih disiplin dan punya awareness," ujar Edi Sukmoro, Direktur Utama PT KAI, di Jakarta Railway Station.

Edi menambahkan, bahwa kurangnya awareness dapat membuat suasana naik kereta jadi kurang nyaman. Contohnya saja saat mengangkat telepon di dalam kereta.


"Seringnya kalau orang kita menelepon dengan suara keras, jadi membuat orang di gerbong kurang nyaman," jelas Edi.

Hal lain yang juga seringkali terjadi adalah penggunaan speaker untuk mendengar musik di dalam kereta. Menurut Edi, masih banyak penumpang domestik yang melakukan hal tersebut.

"Kalau turis asing pasti langsung pakai headset. Ada juga yang pasang speaker tapi orangnya tidur, itu kan mengganggu sekali," terang Edi.

Bagaimana dengan traveler, pernah merasakan hal yang sama?

Simak Video "Antimainstream! Lomba Menarik Gerbong Kereta Api 40 Ton"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA