Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 31 Agu 2019 20:55 WIB

TRAVEL NEWS

Pulau di Eropa Melawan Turis Nakal yang Bawa Pulang Pasir Pantai

Afif Farhan
detikTravel
Panorama Sardinia (Visit Sardinia/Facebook)
Panorama Sardinia (Visit Sardinia/Facebook)
Cagliari - Inilah Pulau Sardinia di Italia yang merupakan salah satu destinasi wisata terindah di Eropa. Sayang, banyak turis nakal yang membawa pulang pasir pantainya.

Baru-baru ini, Pulau Sardinia dihebohkan oleh sepasang turis asal Prancis. Mereka membawa pulang pasir pantai sebagai suvenir dengan jumlah yang tak tanggung-tanggung. Pasir pantainya dimasukan ke puluhan botol dengan mencapai berat 40 kg!

BACA JUGA: Bawa Pasir Pantai 40 Kg, Sepasang Turis Terancam Penjara

Dilansir dari BBC, Satu (31/8/2019) belakangan ini tingkah turis nakal yang membawa pulang pasir pantai dari Pulau Sardinia sudah sangat mengkhawatirkan. Sampai-sampai di tahun 2017, pemerintah Kota Cagliari (ibukota dari Sardinia) mengeluarkan aturan tegas.

Aturannya berupa denda yang dikenai turis yang membawa pulang pasir pantai. Dendanya sebesar Euro 3.000 atau setara Rp 46 juta!

Tidak dijelaskan lebih lanjut, berapa jumlah atau berat pasir pantai yang dibawa turis yang bakal dikenai denda tersebut. Hanya saja, memang walau jumlah pasir pantai yang diambil hanya sedikit tapi jika dilakukan banyak turis, tentu lingkungan pantainya bakal jadi rusak.

Sardinia yang memiliki deretan pantai eksotis (Visit Sardinia/Facebook)Sardinia yang memiliki deretan pantai eksotis (Visit Sardinia/Facebook)


Seorang warga Cagliari sekaligus ahli kelautan, Pierluigi Cocco angkat suara. Menurutnya, masalah turis nakal yang membawa pulang pasir pantai dari Sardinia sudah tidak dapat ditolerir.

"Ada dua ancaman di Sardinia, pertama adalah disebabkan erosi yang terjadi secara alami karena kenaikan permukaan air laut akibat perubahan iklim. Yang kedua, adalah pencurian pasir pantai oleh turis," kata Pierluigi.

BACA JUGA: Sardinia, Pulau Cantik Tempat Liburan Cristiano Ronaldo & Kekasihnya

Pierluigi pun menyinggung soal turis yang membawa pulang pasir pantai sebanyak 40 kg. Kata dia, memang itu hanya dilakukan oleh sepasang turis, tapi apa jadinya kalau ada turis lain juga yang melakukan itu.

"Jika ada 5 persen dari 1 juta turis yang datang ke Sardinia per tahun dan melakukan hal itu, maka sudah menjadi masalah besar bagi pantai kita," paparnya.

Pulau di Eropa Melawan Turis Nakal yang Bawa Pulang Pasir PantaiPantai yang berpasir putih di Sardinia (Thinkstock)


Usut punya usut, turis yang membawa pulang pasir pantai dari Sardinia tidak hanya menjadikannya sabagai suvenir. Ada juga yang dijual ke situs-situs online, duh!



Simak Video "Jepa, Pizza dari Mandar yang Kaya Rempah Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA