Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Sep 2019 09:40 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Bedanya Kereta Api Reguler dan Wisata

Bonauli
detikTravel
Foto: Dok, PT Kereta Api Pariwisata (Indorailtour).
Foto: Dok, PT Kereta Api Pariwisata (Indorailtour).
Jakarta - Semakin berkembangnya zaman, pilihan kereta api pun semakin beragam untuk traveler. Ada kereta reguler dan kereta wisata, sudah tahu bedanya?

Tren traveling saat ini bukan hanya mengubah perilaku masyarakat tapi juga moda transportasi yang ada. Tak terkecuali kereta api.

"Zaman dulu kereta api hanya ada 3 kelas yaitu eksekutif, bisnis dan ekonomi. Tapi sekarang mulai ada pilihan-pilihan," ujar Edi Sukmoro, Direktur Utama PT KAI di Jakarta Railway Center.

Kini kereta api jarak jauh reguler berkembang menjadi 4 kelas. Kelas yang ditambahkan adalah premium. Nantinya kelas premium akan menggeser keberadaan kelas bisnis.

Di atas eksekutif, PT KAI punya kereta priority dan sleeper yang dikelola oleh anak perusahaan, PT Kereta Api Wisata. Kereta dengan fasilitas VVIP ini dihadirkan untuk menjangkau pasar MICE dan kelas atas.

"Kini jenis kereta api disesuaikan dengan bermacam-macam penumpang. Bagi penumpang yang menjadikan traveling sebagai kesenangan, bisa pakai kereta luxury atau priority," jelas Edi.

Namanya saja kereta mewah, rute yang diberikan pun tak biasa. Pemesannya juga harus mem-booking satu gerbong untuk sekali perjalanan.

"Intinya, kalau kereta api reguler hanya untuk perjalanan. Kalau kereta wisata itu jual paket wisata, sehingga kereta ini bisa pergi ke rute mana saja tergantung dari pemesanan," ungkap Edi.

Selain rute yang tergantung pemesanan, kereta api wisata dilengkapi dengan interior mewah dan fasilitas individual.

"Kereta api wisata ini untuk traveler yang ingin mengadakan acara di perjalanan. Seperti reuni atau rapat," tutur Edi.

Simak Video "Kompor Meledak di Kereta, 74 Penumpang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA