Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Sep 2019 15:20 WIB

TRAVEL NEWS

Meriahnya Tahun Baru Islam di Ambon

Muslimin Abbas
detikTravel
Tarian Hadrat di Ambon (Muslimin Abbas/detikcom)
Tarian Hadrat di Ambon (Muslimin Abbas/detikcom)
Ambon - Tahun Baru Islam menjadi hari yang dinantikan oleh umat muslim. Dari Kota Ambon, inilah tarian Hadrat sebagai tanda kedatangan Tahun Baru Islam.

Nada hentakan rebana yang dipukul beramai-ramai oleh para pengiring tarian hadrat sebagai tanda dimulainya tarian hadrat. Selain menari tarian hadrat mereka juga berslawat Nabi, Badar dan shalawat badriah sambil melembaikan kain berwarna-warni.

Sejak Minggu (01/09/2019) pagi hingga sore ini ribuan warga kota Ambon memadati ruas jalan sepanjang jalan Sultan Babullah, Sam Ratulangi dan AY. Patty untuk menyaksikan tarian hadrat yang diikuti 1.500 orang yang tergabung dalam 35 regu mulai dari Remaja Mesjid, Sekolah dan Masyarakat.

Meriahnya Tahun Baru Islam di AmbonFoto: (Muslimin Abbas/detikcom)


Tarian hadrat bukan hanya diikuti oleh para pemuda-pemudi tapi juga anak-anak hingga ibu rumah tangga. Mereka semua datang untuk memeriahkan tahun baru Islam.

Pawai tarian hadrat semakin meriah dengan tampilnya anak-anak yang menari hadrat dengan semangatnya meskipun di bawa terik matahari. Tak mau kalah juga ibu rumah tangga dengan seragam muslim melakukan tarian hadrat.

Meriahnya Tahun Baru Islam di AmbonFoto: (Muslimin Abbas/detikcom)


Ketua panita festival budaya Islam Maluku, Nurdin Reyri mengatakan kegiatan tersebut telah di lakukan selama tiga tahun yang bertepatan dengan 1 muharram dan tiap tahun ada peningkatan peserta yang mengikuti pawai tarian hadrat.

"Ini sudah tahun ketiga dan tahun ini peserta semakin bertambah dari tahun-tahun sebelumnya," Kata Ketua panitia Festival Budaya Islam Maluku, Nurdin Reyri.

Tarian hadrat mulai dari halaman Masjid Raya Al Fatah Ambon, dilanjutkan ke jalan Sulltan Babullah kemudian peserta menuju jalan Yos Sudarso, lanjyt ke Jalan Sam Ratulangi dan Jalan AY.

Meriahnya Tahun Baru Islam di AmbonFoto: (Muslimin Abbas/detikcom)


Patty dan tarian hadrat berakhir di halaman Masjid Raya Al Fatah Ambon. Ada 35 regu memiliki tarian hadrat yang berbeda dan pakian yang berbeda-beda juga.

Inilah kemeriahan Tahun Baru Islam yang dirayakan oleh masyarat Kota Ambon.

Simak Video "Jokowi Tinjau Posko Pengungsi Gempa Ambon"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA