Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Sep 2019 13:10 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Logo Halal MUI di PKL Seoul Korsel, Asli?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Logo halal MUI di PKL Kota Seoul, Korea Selatan (Asep Syaifullah/detikcom)
Logo halal MUI di PKL Kota Seoul, Korea Selatan (Asep Syaifullah/detikcom)
Jakarta - Logo halal MUI (Majelis Ulama Indonesia) begitu ikonik hingga dipakai pedagang kaki lima di Seoul, Korea Selatan. Anda bisa menemukannya di Jalan Myeongdong.

detikcom beberapa waktu lalu mengunjungi Korea Selatan dan tak lupa mengunjugi Jalan Myeongdong. Ada satu hal menarik ketika menyambangi kawasan itu dan saya melihat logo halal MUI.

Perasaan tenang saat makan pun terasa. Karena, ketika ada logo halal MUI maka dipastikan makanan tersebut tidak mengandung babi dan bahan yang tidak halal.

Tapi apakah benar bahwa penempelan logo itu sudah seizin MUI?


Pemilik lapak tak mau menjawab pertanyaan kami. Dia hanya menghindar setiap pertanyaan menjurus ke logo halal MUI tersebut.

Ada Logo Halal MUI di PKL Seoul Korsel, Asli?Foto: (Asep Syaifullah/detikcom)


Lapak yang saya datangi itu menjual jajanan yang digoreng dan berbahan dasar dari hewan laut. Ada jajanan gurita potong, udang tepung hingga anak kepiting tepung goreng.


Kalau liburan ke Korea Selatan, jangan lupa datangi Myeongdeong Street. Inilah surga belanja yang menggoda, ada produk kecantikan sampai beragam makanan enak.

Memang Kota Seoul tidak tidur, bahkan banyak hal menarik yang justru makin asyik jika dieksplor saat malam hari seperti street food. Salah satu pusat keramaian yang bisa traveler nikmati ada di Jalan Myeongdong.

Ada Logo Halal MUI di PKL Seoul Korsel, Asli?Foto: (Asep Syaifullah/detikcom)


Myeongdong juga sebuah permukiman berlokasi di antara Chungmuro, Euljiro, dan Namdaemun-ro. Luasnya 0,91 km persegi dan sebagian besar wilayahnya adalah distrik komersil dan bisnis.

Bisa dikatakan bahwa Myeongdong adalah salah satu distrik belanja yang terbesar di Seoul. Gedung komersilnya digunakan oleh berbagai brand dunia maupun lokal yang berada di beberapa blok jalannya, mulai dari brand-brand fashion, produk-produk kecantikan, restoran dan kafe, hingga toko-toko penjual makanan oleh-oleh.

Uniknya, jalanan Myeongdong juga diisi dengan pedagang-pedagang kecil meski di sekitarnya banyak toko-toko bermerk dan besar. Salah satunya penjual di atas yang menggunakan logo halal MUI.

Perlu diketahui juga bahwa wisatawan Indonesia banyak mengunjugi kawasan ini. Apakah itu salah satu alasannya menempelkan logo halal MUI?

Simak Video "Mereka Mencari Rezeki di Tengah Aksi Kawal MK"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA