Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Sep 2019 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Tarif Penerbangan dari Jepang ke Korsel Kini Cuma Rp 117 Ribu

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
1

Ketegangan meningkat

Halaman 2 dari 2

Maskapai Korean Air (Reuters)
Maskapai Korean Air (Reuters)

Harga tiket ini merupakan dari sengketa perdagangan yang sedang berlangsung. Semuanya dimulai pada bulan Juli ketika Tokyo mengontrol ekspor dari Korea Selatan. Adalah tiga bahan kimia yang digunakan untuk membuat chip komputer.

Bulan lalu, Jepang secara resmi mengeluarkan Korea Selatan dari daftar mitra dagang pilihannya. Sebagai tanggapan, Korea Selatan melakukan hal yang sama dan mengakhiri perjanjian kerja sama militer dengan Jepang yang ditandatangani pada tahun 2016.

Ketegangan sebelum itu telah meningkat selama berbulan-bulan, sebagian berasal dari penjajahan Jepang atas Semenanjung Korea pada awal abad ke-20. Di bulan Agustus sebelumnya, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan negara itu adalah korban penderitaan besar dari imperialisme Jepang.

Sekarang, industri pariwisata negara itu terpukul. Ada 561.700 turis Korea Selatan mengunjungi Jepang pada bulan Juli, ada penurunan 7,6% dari waktu yang sama tahun lalu menurut hitungan statistik pemerintah Jepang.

Kebalikannya, jumlah pelancong Jepang ke Korea Selatan turun 1,3% dari Mei hingga Juni, kemudian 2,7% dari Juni hingga Juli menurut KTO. Angka-angka itu jelas mempengaruhi harga dan jadwal penerbangan maskapai.

Pada Agustus, Korean Air mengatakan akan memotong enam rute penerbangan ke dan dari Jepang. Alasannya dikarenakan penurunan permintaan rute ke Jepang karena ketegangan Korea-Jepang.

(msl/fay)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA