Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Sep 2019 12:16 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal 4 Jenis Kategori Halal di Korea

Afif Farhan
detikTravel
Restoran halal di Seoul, Korea Selatan (Afif Farhan/detikTravel)
Restoran halal di Seoul, Korea Selatan (Afif Farhan/detikTravel)
Jakarta - Korea Selatan mulai gencar mengincar turis Muslim. Berbagai fasilitas dan kemudahan diberikan, termasuk seperti kategori halal.

Soal kategori halal yang terdapat di restoran-restoran di Korea Selatan, ternyata ada 4 jenisnya. Dalam informasi yang diterima detikcom dari Korea Tourism Organization (KTO), Kamis (12/9/2019) 4 jenis kategori tersebut yakni Halal-certified, Self-certified, Muslim-Friendly dan Pork-Free.

Untuk Halal-certified, artinya restoran-restoran yang disertifikasi oleh Badan Sertifikasi Halal terakreditasi seperti Korea Muslim Federation (KMF). Kalau Self-certified, restoran-restoran yang hanya menyajikan menu halal dan disertifikasi oleh pemilik restoran tersebut yang merupakan seorang Muslim.

Sedangkan Muslim-Friendly, yakni restoran-restoran yang menyajikan menu halal dan masih menjual alkohol. Terakhir Pork-Free, yaitu restoran-restoran yang tidak menawarkan menu halal tetapi tidak menggunakan daging babi dalam menunya, serta masih menjual alkohol.

BACA JUGA: Korea Selatan Tak Main-main dengan Wisata Halal

Kawasan Itaewon yang memiliki banyak restoran halal (Afif Farhan/detikcom)Kawasan Itaewon yang memiliki banyak restoran halal (Afif Farhan/detikcom)


KTO telah mengklasifikasikan restoran ramah Muslim ke dalam empat kategori sejak tahun 2016. Supaya, turis Muslim semakin yakin dan mudah dalam memilih makanan selama berwisata di Korea.

Jumlah restoran yang menyandang kategori-kategori tersebut mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dari 135 restoran pada 2016 hingga menjadi 250 restoran pada akhir 2018.

Upaya pemerintah Korea dalam mengembangkan wisata ramah Muslim ini kian meningkatkan reputasi Korea sebagai tujuan wisata halal. Menurut laporan '2019 GMTI' (Global Muslim Travel Index), Korea Selatan telah menduduki peringkat ke-8 di antara tujuan-tujuan wisata di luar negara OKI (Organisasi Kerja Sama Islam). Pencapaian ini terwujud sejalan dengan jumlah kunjungan turis Muslim ke Korea yang diperkirakan menembus 1 juta untuk pertama kalinya pada 2019 ini.

BACA JUGA: Allahu Akbar di Korea Selatan

Simak Video "5 Kali ke Korsel, Natasha Rizky Tak Kesulitan Temukan Makanan Halal"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA