Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Sep 2019 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

Jabar Mulai Serius Garap Stone Garden, Mau Jadi Apa?

Dony Indra Ramadhan
detikTravel
Kawasan Karst Citatah atau Stone Garden di Bandung Barat (Derid/dTraveler)
Kawasan Karst Citatah atau Stone Garden di Bandung Barat (Derid/dTraveler)
Bandung Barat - Pemerintah Provinsi Jawa Barat serius benahi kawasan Karst Citatah atau Stone Garden. Destinasi ini jadi salah satu objek wisata unggulan di sana.

Pemerintah menargetkan penyelesaian kawasan yang terkenal itu pada tahun depan. Diketahui bahwa kawasan yang terkenal dengan nama Stone Garden itu jadi salah satu calon Geopark Nasional.

Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan bahwa langkah awal pembenahan Karst Citatah ialah perbaikan akses jalan. Sehingga, wisatawan bisa mudah datang ke kawasan tersebut.

"Jalan dan fasilitas akan dibenahi. Ketersediaan air juga termasuk edukasi untuk menjaga kelestarian alam. Pembenahan yang dilakukan nanti tidak akan sembarangan karena aspek lingkungan harus tetap dijaga," ucap Dedi kepada wartawan, Senin (16/9/2019) kemarin.

Dedi mengatakan Stone Garden di kawasan Karst Citatah sendiri sudah masuk dalam Pergub nomor 72. Dalam Pergub tersebut tertulis bahwa Stone Garden merupakan salah satu geopark yang akan dikembangkan di Jabar.

(Tallysyifa/d'Traveler)(Tallysyifa/d'Traveler)


BACA JUGA: Suasana Zaman Purba di Stone Garden

Pihaknya juga sudah meminta Pemkab Bandung Barat menginventarisir lahan di sekitar Stone Garden. Dia optimis kawasan Karst Citatah itu bisa jadi geopark nasional dan menjadi daya tarik wisatawan.

"Dengan luas lahan sekitar 30 hektare, Stone Garden dan Indiana Camp bisa menjadi objek wisata unggulan di Jawa Barat bahkan nasional," tuturnya.

Bila nantinya sudah masuk sebagai kawasan geopark nasional dan objek wisata nasional, pihaknya akan terus berinovasi. Salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan budaya di area tersebut guna menambah daya tarik wisatawan.

"Festival budaya akan digelar di Stone Garden sebagai agenda tahunan. Ini penting untuk menarik wisatawan," kata Dedi.



Simak Video "Sate Gurandil, Camilan Nostalgia yang Ngangenin!"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA