Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Sep 2019 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Festival Kuliner dan Belanja Indonesia Siap Digelar Pekan Depan

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Suasana jumpa pers (Elmy Tasya Khairally/detikTravel)
Suasana jumpa pers (Elmy Tasya Khairally/detikTravel)
Jakarta - Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) kembali digelar. Siap-siap untuk shopping dan menikmati kuliner khas Indonesia selama sebulan penuh.

Digelar oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata, Festival belanja dan kuliner ini dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dan telah memasuki tahun keempat. Dimulai dari tanggal 27 September, sekaligus merayakan Hari Pariwisata Dunia sampai tanggal 27 Oktober 2019, serentak di seluruh pusat perbelanjaan Indonesia.

"Kita mulai dari 4 tahun yang lalu, mulai dengan bersusah-susah kemudian akhirnya sekarang ini sudah mulai kelihatan bentuknya dan kita harapkan ini mulai dikenal oleh masyarakat dari negara-negara tetangga kita hadir. Sehingga mereka dapat hadir datang ke Indonesia, mendapat jumlah kunjungan turis," kata Ketua Umun DPP APPBI Stefanus Ridwan, Selasa (17/9/2019) di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta.

WICSF bertujuan untuk terus meningkatkan dan mengangkat jajanan tradisional Indonesia khususnya yg dikelola oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Sehingga yang diharapkan, WICF 2019 dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Selain itu juga ini menjadi salah satu usaha kita untuk meningkatkan penjualan dari UMKM kita. Nanti, di semua mall yg melaksanakan wifc Ada lameran umkmnya, entah itu fashion atau baju-baju, kerajinan tangan, kuliner," tambah Stefanus.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Belanja Asyik di Indonesia, Wajib Tahu!

Founder Indonesia Gastronomy Network yang juga Ketua Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata, Vita Datau berharap WICSF dapat memotivasi mall-mall yang ada di Indonesia untuk memiliki destinasi belanja. Sehingga tidak hanya wisatawan lokal yang datang tapi juga mancanegara.

"Tim percepatan wisata kuliner dan belanja itu mendorong adanya destinasi-destinasi baru. Semoga WICSF ini bisa menjadi motivasi bagi pemilik-pemilik mall untuk menciptakan destinasi belanja, yang paling cepet udahlah kalau memang mallnya agak sepi udah di convert aja menjadi factory outlet karena tetangga kita yg paling deket yg tukang belanja juga tuh Brunei, Malay itu lah marketmya. Jadi, dari pada mati segan hidup pun tak mau mungkin coba kita berfikir ke ke depannya factory outlet itu sesuatu yg menarik. bukan saja buat orang luar tapi orang lokal," kata Vita.

Festival Kuliner dan Belanja Indonesia Siap Digelar Pekan DepanFoto: Suasana jumpa pers (Elmy Tasya Khairally/detikTravel)


Menteri Pariwisata, Arief Yahya juga mendukung adanya kegiatan ini. Orang Indonesia sangat menyukai pariwisata khususnya kuliner dan belanja.

"Kalau orang pariwisata sangat penting dapat kita dukung. Acara ini masuk top 100 calendar of event nasional dan kita akan selalu mendukungnya karena 30-40% orang spending di pariwisata itu di kuliner dan belanja," katanya.

Acara pembukaan WICSF 2019 akan diselenggarakan pada hari Jumat, 27 September 2019 di Main Atrium, Pluit Village, Jakarta. Dihadiri oleh Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya, Komunitas Food Bloger serta artis ibukota.

Selain itu akan hadir pula Indonesia Heritage Culturan Exhintion yang menampilkan berbagai art, ethnic, fashion dan kerajinan kebudayaan Indonesia. Ada juga area kuliner khas Nusantara Indonesia, serta acara menarik lainnya.

Simak Video "Festival Bakso Jakarta "
[Gambas:Video 20detik]
(elk/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA