Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Sep 2019 15:25 WIB

TRAVEL NEWS

Ubud Akan Dapat Sertifikasi Destinasi Kuliner Kelas Dunia

elk
detikTravel
(CNN Travel)
(CNN Travel)
Jakarta - Sebentar lagi Ubud akan mendapatkan sertifikasi destinasi kuliner kelas dunia. Diperkirakan sertifikasi ini akan didapatkan pada tahun depan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya berujar bahwa Indonesia tidak memliki destinasi wisata kuliner. Bahkan, di Ibukota Jakarta tidak ada yang top of mind.

"Indonesia tidak mempunyai destinasi wisata kuliner. Bahkan di Jakarta, tidak ada yang top of mind," katanya saat jumpa pers Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) di Gedung Sapta Pesona Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, Jl Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (17/9/2019) kemarin.




Namun, Ubud sedang dalam proses sertifikasi destinasi kuliner kelas dunia. Destinasi yang menjadi incaran para turis mancanegara ini akan mendapat sertifikasi pada 2020.

"Sekarang kita sedang mensertifikasi Ubud. Kira-kira tahun 2020 kita akan dapat sertifikasi jadi destinasi kuliner kelas dunia," tegas Arief.

Arief memberikan percontohan di 3 lokasi yang akan menjadi destinasi wisata kelas dunia. Ketiganya yaitu di Ubud, Yogya dan Bandung.

"Saya memutuskan memberikan percontohan di lokasi destinasi wisata kelas dunia. Lokasi atau destinasinya adalah satu Ubud, nomor dua Yogya, nomor 3 Bandung," kata Arief.

Ubud memiliki beberapa makanan khas yang diminati wisatawan. Di antaranya ada Ayam Betutu, Bebek betutu, Nasi Campur Ayam Bali, Sate lilit dan berbagai makanan lezat lainnya.
Ubud Akan Dapat Sertifikasi Destinasi Kuliner Kelas DuniaFoto: iStock/dok. detikFood
Menurut Arief, kebanyakan wisatawan melakukan pariwisata di kuliner. Kontribusi kuliner mencapai 40 % di ekonomi kreatif.

"Untuk kuliner kontribusinya paling besar, di ekraf (ekonomi kreatif) dia sumbangkan 40 %," kata Arief.

Indonesia memiliki keanekaragaman kuliner yang khas. Sehingga salah satu tempat wisatanya, Ubud layak mendapatkan sertifikasi destinasi wisata kuliner kelas dunia,

Jika traveler mau mencoba menikmti kuliner khas Indonesia, bisa datang ke Festival Kuliner dan Belanja yang akan digelar di seluruh pusat perbelankaan di Indonesia. Festival ini akan dimulai dari tanggal 27 September - 27 Oktober 2019.




Simak Video "Ubud Akan Jadi Percontohan Destinasi Kuliner Kelas Dunia "
[Gambas:Video 20detik]
(elk/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA