Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Sep 2019 22:15 WIB

TRAVEL NEWS

Fakta-fakta Ular Raksasa Korban Kebakaran Hutan Kalimantan

Syanti Mustika
detikTravel

Halaman 1 dari 2

Foto: (Facebook/Johan Michael Median Pasha)
Foto: (Facebook/Johan Michael Median Pasha)

Jakarta - Media sosial dihebohkan dengan foto ular yang menjadi korban kebakaran hutan di Kalimantan. Berukuran besar, muncul pula sebutan ular raksasa buatnya. Tepatkah julukan itu?

Kebakaran hutan di Kalimantan Tengah ikut mengoyak hancurnya flora dan fauna setempat. Secara spesifik, termasuk habitat reptil ular.




Di sinilah kemudian viral foto seekor ular yang menjadi korban kebakaran hutan di Kalimantan. Python reticulatus, demikian dugaan nama ilmiah dari ular yang juga dijuluki sebagai Raja Piton tersebut. Penampakannya yang terlihat besar pun membuatnya dijuluki ular raksasa.

detikcom pun menghubungi penggiat reptil, atau reptiler, yang dikenal dengan nama Panji Petualang. Dia pun membeberkan sejumlah analisa mengenai ular yang menjadi korban kebakaran hutan di Kalimantan Tengah yang viral tersebut.

"Dari ciri fisik yang saya amati, mulai dari kepala, bentuk gigi, dan sisik, yang ada di kepala saya menyimpulkan bahwa ini adalah ular sanca kembang atau Reticulatus Python. Ini memang ular yang besar namun yang di foto bukanlah ular raksasa seperti info yang beredar," ujar Panji, Rabu (18/9/2019).




Menurut Panji, tidak tertutup kemungkinan ular berukuran besar hidup di hutan Indonesia karena hutan di Kalimantan dan Sumatera sangat luas dan sangat mungkin jadi habitat ular besar. Tapi ular itu sama sekali tidak berukuran raksasa.

"Hutan Sumatera dan Kalimantan itu kan sangat luas, jadi memungkinkan sekali untuk ular besar itu memang ada dan hidup di hutan. Tapi untuk yang di foto viral tersebut, saya amati bukanlah ular mitos yang dipercayai penduduk. Namun, itu hanyalah ular piton kecil yang terbakar dan di foto dengan angle zoom, hingga menghasilkan ilusi optik seakan ular itu terlihat besar," tambah Panji.

(Halaman selanjutnya: Habitat dan Legenda tentang Reticulatus Python alias Tangkaluk)


(sym/krs)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA