Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Sep 2019 21:30 WIB

TRAVEL NEWS

Hutan Gunung Semeru Kebakaran Lagi, Pendakian Ditutup Total

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pendakian Gunung Semeru ditutup total (Dok. BBTNBTS)
Pendakian Gunung Semeru ditutup total (Dok. BBTNBTS)
Lumajang - Hutan di Gunung Semeru kembali kebakaran. Oleh karenanya, pendakian kali ini ditutup total sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Dalam rilis resmi Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS), Minggu (22/9/2019), kebakaran hutan kembali terjadi pada hari ini. Sekira pukul 15.00 WIB, kebakaran ini melanda jalur pendakian.

"Sehubungan dengan kondisi terkini kebakaran hutan pada hari Minggu, 22 September 2019 pukul 15.00 WIB di jalur pendakian Gunung Semeru, dengan ini Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) menutup pendakian Gunung Semeru secara total," ujar BBTNBTS.

"Sejak tanggal 22 September 2019 sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan," imbuhnya.

Pengumuman kali ini sekaligus merupakan pembaharuan dari pengumuman sebelumnya. Kebakaran sebelumnya juga melanda Gunung Semeru yakni di sekitar Arcopodo hingga ada imbauan bagi pendaki untuk tidak mendekati area Kalimati dan puncak Mahameru pada Selasa (17/9) lalu.


Dikutip dari CNN Indonesia, Kepala Balai Besar TNBTS John Kennedie mengatakan bahwa penutupan total gegara kebakaran hutan di jalur pendakian Ayek-Ayek. Sedangkan untuk kebakaran yang terjadi di Kalimati sudah berhasil dipadamkan oleh para petugas.

Sementara itu, di media sosial ada beberapa pendaki yang masih berada di Ranu Kumbolo dalam keterangan unggahannya. Terlihat pula asap tebal membumbung tinggi.



"Di Kalimati sudah padam. Sekarang terjadi lagi kebakaran di Ayek-Ayek, dekat Ranu Kumbolo," imbuh John.

Kebakaran hari ini didasarkan pada laporan petugas lapangan TNBTS bersama tim gabungan pemadaman. Mereka melaporkan bahwa kebakaran hutan telah mencapai Ranu Kumbolo.

Mempertimbangkan kejadian ini, Kepala Balai Besar TNBTS menginstruksikan untuk menutup semua aktivitas pendakian Gunung Semeru sampai batas waktu yang belum ditentukan. Keputusan itu juga semata-mata untuk keselamatan pendakian serta optimalisasi penanganan kebakaran.

Sampai berita ini dibuat, petugas gabungan masih berupaya melakukan pemadaman api di lokasi. Petugas juga sedang bekerja keras untuk mengevakuasi seluruh pendaki yang tersisa di Ranu Kumbolo.

"Sahabat, mari bersama-sama menjadi pendaki yang cerdas dengan memprioritaskan keselamatan dan menaati seluruh ketentuan&peraturan yang berlaku. Tidak lupa, mohon doa sahabat untuk para petugas yang sedang berjuang di lapangan agar senantiasa diberi kesehatan dan kondisi ini segera membaik," pinta BBTNBTS.

Hutan Gunung Semeru Kebakaran Lagi, Pendakian Ditutup TotalFoto: (Dok. BBTNBTS)


Simak Video "Melihat Eksotisme Ranu Kumbolo di Gunung Semeru"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA