Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Sep 2019 08:55 WIB

TRAVEL NEWS

Pagi Ini, Api di Gunung Semeru Mulai Mengecil

Afif Farhan
detikTravel
Hutan Gunung Semeru yang terbakar (tnbromotenggersemeru/Instagram)
Hutan Gunung Semeru yang terbakar (tnbromotenggersemeru/Instagram)
Jakarta - Gunung Semeru di Jawa Timur masih mengalami kebakaran hutan. Dengan kerjasama berbagai pihak, api di sana mulai mengecil.

Dalam informasi yang diterima detikcom dari Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Senin (23/9/2019) pantauan groundchek lapangan dan informasi titik api LAPAN per pagi ini, masih terpantau dua titik api di sekitar Ranu Kumbolo. tepatnya di Watu Pecah.

"Posisi api sudah mengecil dan tidak berada pada jalur pendakian," tulis pernyatannya.

BACA JUGA: Detik-detik Gunung Semeru Kebakaran

Sampai tadi malam, petugas TNBTS dan tim gabungan (masyarakat, tim evakuasi mandiri Ranu Pani,porter, guide dan lainnya) berhasil mengantisipasi api untuk tidak merambat ke Jambangan dan sekitar Ayek-ayek. Api di Kalimati, Arcopodo, Kelik, Gunung Kepolo dan Ayek-ayek sudah berhasil dipadamkan. Sampai saat ini perkiraan area terdampak kebakaran hutannya sekitar 20 hektar.

"Tadi malam, petugas juga melakukan evakuasi pendaki dan per 01.00 dinihari, semua pendaki telah turun dan jalur pendakian sudah steril. Koordinasi juga aktif dilakukan bersama BPBD dan Forkopimda terkait," tulis pernyataan dari Humas TNBTS.

Pagi ini petugas dan tim gabungan pertama sedang briefing dan kembali akan naik ke lokasi titik api untuk pengendalian lebih lanjut. Tim ini akan disusul tim berikutnya termasuk backup dari jajaran TNI/Polri dan Forkompimda terkait.

Pendakian Gunung Semeru pun masih ditutup sementara waktu.

Simak Video "Akibat Hujan Deras, Banjir Lahar Dingin Serbu Semeru!"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA