Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Sep 2019 21:05 WIB

TRAVEL NEWS

Tempat-tempat Wisata Terancam Turis, Salah Satunya di Indonesia

Elmy Tasya Khairally
detikTravel

Halaman 1 dari 2

Fjadrargljufur (Foto: iStock)
Fjadrargljufur (Foto: iStock)

Jakarta - Saat traveling, wajar mencari spot tercantik buat berfoto. Yang tak wajar adalah kalau turis sampai merusak alam sekelilingnya.

Tingkah laku tidak terpuji ini sendiri tak asing terlihat di lokasi wisata populer. Dimulai dari yang sederhana seperti menginjak tanaman yang sebetulnya tak boleh dilakukan, corat-coret, atau malah memanjat segala sesuatu demi berfoto.

Paling tidak ada beberapa lokasi wisata yang terancam rusak akibat kelakuan negatif wisatawan, sebagaimana dilansir PedestrianTV.com. Berikut rangkumannya, dengan tambahan rangkuman informasi dari sejumlah sumber lain.




1. Cano Cristales, Kolombia

Kerap disebut sebagai sungai pelangi, kecantikan warna-warni air sungai ini lahir dari mikro organisme dalam air seperti lumut, tumbuh-tumbuhan, ganggang dan lain sebagainya. Paling tidak ada warna kuning, hijau, biru, hitam, dan rona merah.

Lokasi ini sempat tidak terambah akibat tensi antara pengedar narkoba, pemerintah, dan tentara Gerilya Farc. Namun, setelah kesepakatan damai tahun 2016 bikin tempat ini aman diakses lagi.

Yang jadi masalah, membludaknya turis dan segala tingkah-polahnya bikin organisme di tempat wisata ini bisa terganggu sehingga berdampak pada keindahan sungainya. Akses ke sini dibatasi sejak 2017.

"Kami memutuskan untuk membatasi akses karena kehadiran manusia dapat membahayakan proses reproduksi tumbuhan," kata Koordinator program ekowisata di Colombia, Faber Ramos, kepada BBC.

Tempat-tempat Wisata Terancam Turis, Salah Satunya di PapuaFoto: (iStock)

2. Lembah Fjadrargljufur, Islandia

Keindahannya bisa dilihat lewat serial Game Of Thrones. Sejak dipakai syuting video klip Justin Bieber tahun 2015, satu jutaan turis sudah datang melancong dan mengancam vegetasi setempat.

Badan Lingkungan Hidup Islandia sudah menutup destinasi wisata ini pada Januari 2019 dalam usaha memperbaiki kerusakan. Tentunya diharapkan pula tempat ini akan punya lebih banyak ketentuan buat wisatawan agar kerusakan tak terulang.

Tempat-tempat Wisata Terancam Turis, Salah Satunya di PapuaFoto: (iStock)



(elk/krs)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA