Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Sep 2019 21:05 WIB

TRAVEL NEWS

Tempat-tempat Wisata Terancam Turis, Salah Satunya di Indonesia

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
1

Machu Picchu sampai Raja Ampat

Halaman 2 dari 2

Foto: (iStock)

3. Machu Picchu, Peru

Machu Picchu sering disebut kota Inca yang hilang. Tempat ini merupakan sisa-sisa reruntuhan peradaban suka Incha. Machu Picchu merupakan simbol kerajaan Inca yang dibangun pada 1450.

Situs arkeologi ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit banyak traveler. Pada tahun 2017 lebih dari 1,5 juta wisatawan datang ke situs ini. Padahal jumlah itu dua kali lipat yang direkomendasikan Unesco.

Baru-baru ini Peru sudah memberlakukan kebijakan pembatasan kunjungan ke Machu Picchu, membaginya ke jadwal pagi dan petang. Itu terjadi setelah Unesco mengancam bakal memosisikan Machu Picchu ke daftar peninggalan bersejarah yang terancam.

Tempat-tempat Wisata Terancam Turis, Salah Satunya di PapuaFoto: (iStock)


4. Pulau Raja Ampat, Indonesia

Salah satu kepulauan Indah di Indonesia ini dulunya tidak mudah diakses. Tetapi kemudahan akses ke sana saat ini justru mengancam keberlangsungan terumbu karang di Raja Ampat.

Pada Maret 2017, misalnya. Ada kapal pesiar Inggris yang merusak terumbu karang cantik di sana. Padahal butuh belasan tahun buat terumbu karang bisa kembali seperti sediakala.

Tempat-tempat Wisata Terancam Turis, Salah Satunya di PapuaFoto: (iStock)



5. Terumbu Karang

Tak cuma terumbu karang di Raja Ampat, terumbu karang di seluruh dunia pun terancam keberlangsungannya oleh turis. Selain karena terlalu banyaknya frekuensi turis yang snorkeling atau scuba diving, juga akibat tindakan mereka yang mengabaikan peraturan.

Beberapa solusinya adalah, usahakan mencari biro travel yang peduli pada lingkungan, sehingga aktivitas mereka pun bakal lebih ramah terumbu karang. Secara saksama, dengarkan pula instruksi petugas mengenai peraturan di area terumbu karang.

Berdiri di atas karang, menyentuh dan mengambil terumbu karang, adalah bagian dari tindakan yang dapat merusak ekosistem tersebut. Sekali lagi, butuh waktu buat terumbu karang pulih dari kerusakan.

Tempat-tempat Wisata Terancam Turis, Salah Satunya di PapuaFoto: (iStock)
(elk/krs)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA