Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Sep 2019 22:30 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai Ini Didenda Rp 8 Juta Karena Beri Daging ke Vegetarian

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi pesawat Air India (REUTERS/Amit Dave/File Photo)
Ilustrasi pesawat Air India (REUTERS/Amit Dave/File Photo)
Jakarta - Maskapai dari India dikenai hukuman denda karena menyajikan hidangan daging ke penumpangnya yang vegetarian. Dendanya sebesar 40 ribu Rupee (setara Rp 8 juta).

Maskapai Air India didenda 40 ribu Rupee (setara Rp 8 juta) karena menyajikan makanan berbahan daging ke penumpangnya yang vegetarian. Air India diberi waktu 30 hari untuk membayar denda ini. Jika tidak dibayar, maka hukumannya ditambah 12% dari denda tersebut.

Dikumpulkan detikcom dari beberapa sumber, Sabtu (28/9/2019), cerita bermula ketika penumpang bernama Chandra Mohan Pathak bersama istrinya berpergian menggunakan Air India dari India menuju ke Chicago, AS pulang-pergi pada 2016 silam.

BACA JUGA: Maskapai India Ini Haruskan Pramugarinya Diet, Kegendutan?

Di penerbangan tersebut, Chandra sudah menuliskan bahwa dia dan istrinya adalah vegetarian dan hanya mengonsumsi makanan vegan. Pada saat penerbangan ke Amerika, mereka diberikan makanan vegetarian. Namun pada saat terbang pulang ke India, sesuatu yang tidak mereka inginkan terjadi.

Pasangan suami-istri ini diberikan makanan yang mengandung daging oleh pihak maskapai. Chandra pun komplain ke kru kabin, tapi komplain itu tidak ditanggapi.

Akhirnya Chandra menggugat Air India ke Badan Perlindungan Konsumen India. Setelah 3 tahun berjuang, gugatan Chandra dimenangkan. Dia mendapat kompensasi sebesar 10 ribu rupee (Rp 2 jutaan) dan tambahan 7 ribu rupee (Rp 1,4 juta).

BACA JUGA: Ketika Lebah Bikin Penerbangan Delay Sampai 3 Jam

Tidak terima dinyatakan bersalah, maskapai Air India mengajukan banding. Oleh Komisi Perlindungan Konsumen Punjab, maskapai ini malah dijatuhi hukuman denda 40 ribu rupee.

"Menyajikan makanan non vegetarian kepada penumpang vegetarian tidak hanya kelalaian pelayanan, tapi juga dosa di mata Tuhan. Dengan melakukan itu, maskapai ini juga menyakiti keyakinan beragama dari si penumpang," demikian kutipan dari putusan tersebut.

Simak Video "Kapal Wisata Terbalik di India, 12 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA