Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Sep 2019 19:00 WIB

TRAVEL NEWS

Kepulauan Seribu Juga Punya KUA, Banyak yang Nikah di Sana?

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
KUA Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan (Randy/detikcom)
KUA Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan (Randy/detikcom)

FOKUS BERITA

Wisata Pulau Seribu
Kepulauan Seribu - Identik dengan pantai cantik, Kepulauan Seribu juga dihuni oleh penduduk. Di Pulau Tidung Besar misalnya, yang turut dilengkapi dengan KUA.

Fakta itulah yang dijumpai detikcom ketika berkunjung ke Pulau Tidung Besar pekan lalu. Di dalam destinasi yang identik dengan pantai, berdiri pula Kantor Urusan Agama (KUA) yang mengurusi pernikahan warga setempat.




Berlokasi di samping area pemakaman Pulau Tidung Besar, berdiri gedung KUA Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. detikcom pun datang bertamu pada Jumat pekan lalu (20/9/2019) dan disambut oleh Staff KUA Penyusun Bahan Kerumahtanggaan, Irwan.

Dijelaskan oleh Irwan, KUA Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan membawahi tiga kelurahan yang ada di sana. Tak hanya di Pulau Tidung, masyarakat yang diurus KUA ini tersebar di 5 pulau terpisah.

Staff KUA Penyusun Bahan Kerumahtanggaan, Irwan (Randy/detikcom)Staff KUA Penyusun Bahan Kerumahtanggaan, Irwan (Randy/detikcom)

Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan sendiri tercatat memiliki 10 ribu warga. Namun, ternyata yang menikah di sana per tahunnya tidak banyak.

"Kalau yang daftar sedikit. Pernikahannya nggak sampai 100 per tahun," ujar Irwan.




Apabila diestimasi, dalam sebulan KUA Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan hanya melayani tujuh hingga delapan pasangan saja. Hanya dijelaskan, Irwan juga melayani siapa saja pasangan yang mau menikah tanpa melihat asalnya.

"Kalau ada yang di sini, kita layani kalau orang luar," ujar Irwan.

Itulah sedikit cerita tentang KUA di Kepulauan Seribu yang tak berbeda dengan di Jakarta. Mungkin ada traveler yang mau menikah lalu berwisata di Kepulauan Seribu?




Simak Video "Pesona Pulau Sabira di Ujung Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)

FOKUS BERITA

Wisata Pulau Seribu
BERITA TERKAIT
BACA JUGA