Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Okt 2019 18:50 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai Ini Bikin Karpet Pesawat dari Seragam Lama Karyawan

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Foto: (Tasya/detikcom)
Foto: (Tasya/detikcom)
Jakarta - KLM Royal Dutch Airlines miliki program peduli lingkungan. Di antaranya adalah dengan menggunakan seragam lama karyawan untuk menjadi karpet pesawat.

Pada pameran KLM 100 Years-Celebrate The Future, traveler bisa melihat sejarah didirikannya KLM Airlines dengan melalui teknologi digital. Ada terowongan kapsul unik yang menampilkan sejarah KLM dalam sebuah video.

Selain melihat sejarah maskapai, traveler juga bisa lihat perjalanan dan aksi unik apa saja yang sudah dilakukan maskapai asal Belanda ini melalui sebuah audio visual. Di antaranya yaitu memiliki program fly responsibilty. Program ini bertujuan agar penerbangan lebih sustainable dan ramah lingkungan.

(Tasya/detikcom)(Tasya/detikcom)

Maskapai asal Belanda ini juga me-recycle barang-barang yang tidak terpakai, dalam hal ini KLM menggunakan seragam karyawannya yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan karpet pesawat.

"Seragam yang lama yang sudah tidak terpakai kita gunakan untuk karpet pesawat,pabrik belanda akan mengambil ini" ujar Country Manager Indonesia, Air France KLM, Wouter Gregowotsch, Jumat (4/10/2019) di Eramus Huis, Pusat Kebudayaan Belanda, Jalan H Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Sejak 2010, 173.000 kg seragam telah dikumpulkan dan diproses ulang untuk dibuat untuk serat yang digunakan untuk beberapa produk termasuk interior kabin, yaitu karpet. Lebih dari 80% karpet dibuat dari seragam yang sudah tidak terpakai.

Ada juga program Co2 Zero yang merupakan penanaman hutan kembali. Tidak hanya dilakukan oleh maskapai, tapi program ini melibatkan masyarakat yang ingin turut menyumbang.

"Kita bisa membuat perubahan bersama. tidak hanya perusahaan, kami butuh setiap orang di sekeliling kami untuk membuat dunia lebih baik lagi di masa depan," kata Wouter.

Saat memesan tiket, akan ada penawaran kontribusi untuk Co2 Zero, jika Anda setuju maka akan tertera berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Nah, selain peduli lingkungan, beberapa inovasi teknologi juga sudah dimiliki maskapai ini. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi, hanya dengan suara, traveler bisa memesan tiket, bahkan bertanya apa saja yang bisa di bawa ke kota/negara tujuan traveler.

"Kamu bisa meminta untuk membooking tiket juga bisa bertanya apa yang kamu butuhkan saat liburan, misalnya kamu buruh untuk membawa sepasang sepatu atau charger, sebelum berangkat. Jadi kami ingin membuat inovasi sebisa mungkin," kata Wouter.

Maskapai KLMMaskapai KLM (dok. KLM)


Inovasi unik lainnya ada pada konsep pesawat yang akan diluncurkan, disebut dengan flying v. Kabarnya, pesawat ini bisa menghemat bahan bakar hingga 20 persen bila dibandingkan dengan pesawat Airbus A350

"Aircraft ini di desain dalam bentuk v shape, jadi Anda sebenarnya duduk di bagian wing," tambah Wouter.

BACA JUGA: Desain Futuristik Pesawat KLM: Berbentuk Huruf V

Nah masih banyak informasi dan keunikan lain yang bisa traveler dapat di pameran ini. Buat traveler yang mau ke sini, Pameran 100 tahun KLM akan dibuka untuk umum besok, 5 Oktober 2019, pukul 10.00-16.00 dan Senin, 7 Oktober 2019.



Simak Video "Kontes Ratu Jamu, Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA