Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Okt 2019 07:53 WIB

TRAVEL NEWS

Yang Seru Weekend Ini: Pekan Kebudayaan Nasional 2019

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Permainan tradisional di Pekan Kebudayaan Nasional 2019 (dok. Pemkab Tasikmalaya)
Permainan tradisional di Pekan Kebudayaan Nasional 2019 (dok. Pemkab Tasikmalaya)
Jakarta - Bagi traveler yang berkeinginan wisata di Jakarta weekend ini, mampirlah ke Pekan Kebudayaan Nasional atau PKN 2019 di komplek Istora Senayan. Seru dan gratis!

Berlangsung dari tanggal 7-13 Oktober 2019 atau akhir pekan ini, acara yang digelar oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) ini menghadirkan aneka kebudayaan daerah khas Indonesia di dalam satu wadah dengan tema 'Ruang Bersama Indonesia Bahagia.'

Sebagai fasilitator, pihak Kemendikbud pun merangkul aneka komunitas budaya dan masyarakat untuk terlibat langsung dalam menjaga dan mengenal budaya Indonesia yang mungkin sudah mulai terlupakan.

"Kami menyelenggarakan ruang-ruang publik sebagai wadah ekspresi budaya. Bukan desain dari panitia Kemendikbud semata, tapi ada keterlibatan masyarakat," ujar Sekretaris Ditjen Kebudayaan, Sri Hartini seperti dilansir dari situs Kemdikbud, Jumat (11/10/2019).

Sri Hartini mengatakan, selain pertunjukan seni dan budaya, dalam PKN 2019 juga ada konferensi pemajuan kebudayaan, diskusi budaya, dan ekshibisi kebudayaan. Dalam konferensi dan diskusi, peserta bisa berbagi ide dan pemikiran, mendiskusikan isu budaya.

Penampil seni di PKN 2019Penampil seni di PKN 2019 (dok. Kemendikbud)
Beberapa tema yang diangkat antara lain rempah, ramuan, naskah kuno, peranan komunitas dalam membangun budaya kreatif, platform pemajuan kebudayaan di tingkat lokal dan dinamika taman budaya, museum daerah dan dewan kesenian.

Tercatat, ada 245 pertunjukan yang melibatkan sekitar 3.600 seniman dan pekerja seni di PKN 2019. Selain itu, juga ada sekitar 30 pameran menarik sarat budaya Indonesia yang bisa dilihat.

Tak melulu serius, traveler juga bisa mengajak si buah hati untuk belajar sejarah hingga melihat kekayaan budaya wayang, kain nusantara, tradisi hingga dunia astronomi. Ya, ada banyak hal menarik yang bisa traveler lakukan di PKN 2019.

Permainan tradisional Permainan tradisional khas Tasikmalaya (dok. Pemkab Tasikmalaya)
Beragam permainan tradisional juga akan hadir dalam PKN 2019, antara lain gobak sodor, egrang, dan terompah panjang (bakiak). Permainan tradisional tersebut akan dikompetisikan secara nasional di PKN 2019.

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) adalah ruang interaksi seluruh unsur kebudayaan dan merayakan keragaman ekspresi budaya Indonesia yang sesuai mandat Kongres Kebudayaan Indonesia 2018 yang lalu.

Mengutip lagu Kebangsaan Indonesia Raya tiga stanza 'marilah kita mendoa, Indonesia bahagia', Pekan Kebudayaan Nasional akan menjadi sebuah ruang bersama untuk Indonesia Bahagia.

PKN 2019 dilangsungkan selama seminggu penuh dari hari Senin kemarin, yang dimulai dari pagi hingga malam hari. Traveler pun tak dikenakan tiket masuk, tapi wajib mendaftar online atau on-the-spot. Ayo kita mengenal budaya Indonesia di PKN 2019 akhir pekan ini!

Simak Video "Sambut 1 Muharam, Warga Salat Berjamaah di Bundaran HI"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA