Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Okt 2019 14:20 WIB

TRAVEL NEWS

Jepang Dilanda Topan Hagibis, Kereta pun Lumpuh

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Suasana Stasiun Akihabara pasca Topan Hagibis (Istimewa)
Suasana Stasiun Akihabara pasca Topan Hagibis (Istimewa)
Tokyo - Topan Hagibis yang melanda Jepang kian berdampak pada moda transportasi umum seperti kereta. Ketahui dulu kondisi terakhir di sana.

Diberitakan oleh Badan Meteorologi Jepang, Topan Hagibis melintasi Jepang di akhir pekan dari, pada hari ini Sabtu (12/10/2019) sampai Senin (14/10) mendatang. Topan ini menerjang kawasan Kanto dan Tokai, termasuk kota-kota besar di sana seperti Tokyo dan Kanagawa.

Wisatawan pun diimbau untuk tetap berada di rumah atau dalam ruangan untuk menghindari topan. Di luar itu, isi sejumlah minimarket dan pusat perbelanjaan pun habis diborong oleh masyarakat. Tagar #savejapan pun berkumandang di dunia maya.




Memantau situasi terkini di sana, detikcom pun menghubungi salah satu WNI bernama Yohanes Brilianto yang tengah bekerja di Tokyo sebagai pengacara di sana via pesan singkat, Sabtu (12/10/2019). Dijelaskan olehnya, salah satu dampak utama adalah dihentikannya kereta yang merupakan moda transportasi utama di sana.

"Setelah jam 1 siang enggak. Service kereta stop dulu semua. Pagi masih ada orang (gak rame) yang keluar, tapi gak ada yang jalan-jalan," ujar pengacara yang kerap disapa Brili ini.

Suasana dekat Stasiun Otsuka (istimewa)Suasana dekat Stasiun Otsuka (istimewa)
Diungkapkan Brili, info ini pun sudah diberitakan ramai oleh media-media lokal di Jepang sana. Sebut saja televisi NHK hingga media online Asahi Shimbun.

"Topan Hagibis akan membuat jasa kereta tak tersedia di daerah Tokyo dan sekitarnya Sabtu ini," tulis NHK.




Pihak East Japan Railway pun telah membatalkan operasional kereta di sejumlah jalurnya yang menuju dan keluar Tokyo seperti Prefektur Shizuoka mulai dari pukul 09.00 waktu setempat.

Tak hanya itu, pihak JR East juga akan membatasi sejumlah kereta yang beroperasional di Tohoku, Yamagata, Akita, Hokuriku dan Joetsu Shinkansen dari pukul 11.00 waktu setempat.




Selain pihak JR East, operator kereta lain juga diketahui tengah mengumumkan rencana untuk menghentikan operasional keretanya demi keselamatan hingga kondisi membaik hari Minggu besok.

DI luar kereta, media online Asahi juga memberitakan sejumlah pembatalan pesawat menuju Jepang pada 12 Oktober atau hari Sabtu ini. Maskapai ANA misalnya, telah menghentikan sekitar 490 penerbangan domestik dan luar negeri sebagai akibat dari Topan Hagibis. Sementara maskapai Japan Airlines atau Jal telah membatalkan 513 penerbangan domestik dan 75 penerbangan internasional.




Simak Video "Korban Tewas Akibat Topan Hagibis Bertambah"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA