Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Okt 2019 22:30 WIB

TRAVEL NEWS

Festival Tjimanoek, Cara Mudah Datangkan Wisatawan ke Indramayu

Sudirman Wamad
detikTravel
Kemeriahan Festival Tjimanoek (Sudirman/detikcom)
Kemeriahan Festival Tjimanoek (Sudirman/detikcom)
Indramayu - Masyarakat Kabupaten Indramayu, Jawa Barat berbondong-bondong menyaksikan parade Festival Tjimanoek, acara puncak peringatan hari jadi Kabupaten Indramayu ke 492.

Festival Tjimanoek merupakan agenda tahunan Kabupaten Indramayu. Tujuannya, untuk menggaet wisatawan. Parade Festival Tjimanoek itu diramaikan puluhan peserta, termasuk dari beberapa daerah lain, seperti Cianjur, Bandung Barat, Jateng, Sumatera Utara dan lainnya.

Bupati Indramayu Supendi mengatakan, Festival Tjimanoek tahun ini fokus pada parade seni dan budaya. Tarian tradisional dan kostum unik pun ditampilkan guna meramaikan parade. Masing-masing peserta, lanjut dia, menampilkan sejarah yang ada di daerahnya atau kecamatan.

"Mereka mengemas histori daerahnya melalui sendra tari. Dimunculkannya sejarah atau tokoh-tokoh di masing-masing kecamatan, ini agar masyarakat mengenal tokoh sejarahnya," kata Supendi kepada awak media usai Festival Tjimanoek di Pasar Mambo Kabupaten Indramayu, Sabtu (12/10/2019).

Festival Tjimanoek, Cara Mudah Datangkan Wisatawan ke Indramayu Kemeriahan Festival Tjimanoek (Sudirman/detikcom)


Supendi menyebutkan masing-masing kecamatan di Indramayu memiliki cerita masyarakat tersendiri, seperti Jaka Tarub, Jaka Bajul, Pangeran Surya Negara dan lainnya.

"Kita berharap adanya festival ini bisa mendongkrak kunjungan wisatawan. Memang saat ini masih wisatawan lokal, manca negara belum ada," kata Supendi.



Di tempat yang sama, Kepala Bidang Pemasaran Area I Jawa Kementrian Pariwisata Wawan Gunawan mengapresiasi gelaran Festival Tjimanoek.

"Festival ini memajukan pariwisata, ya bisa menarik wisatawan," kata Wawan.
Festival Tjimanoek, Cara Mudah Datangkan Wisatawan ke Indramayu Kemeriahan Festival Tjimanoek (Sudirman/detikcom)


Wawan mendukung adanya even seperti Festival Tjimanoek. Namun, ia memberikan catatan untuk pelaksanaan festival, seperti durasi pelaksanaan, pengemasan acara, dan lainnya. Karena, menurutnya festival bisa menarik perhatian wisatawan ketika dikemas secara menarik.

"Ya kemasannya, kontennyan koreografinya, musik dan durasinya harus sesuai. Durasi itu maksimal dua jam," katanya.



Wawan menambahkan Kemenpar siap mendukung dan mempromosikan agenda atau event wisata di daerah-daerah.

"Ini harus dilakukan secara konsisten setiap tahun. Agar ada efek untuk nilai ekonomi, budaya, dan lainnya. Kalau gitu-gitu saja, berarti perlu dievaluasi," ucapnya.
Festival Tjimanoek, Cara Mudah Datangkan Wisatawan ke Indramayu Kemeriahan Festival Tjimanoek (Sudirman/detikcom)


Simak Video "Bupati Indramayu Jadi Tersangka, Diduga Terima Rp 200 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA