Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Okt 2019 06:10 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Memesan Tiket Kereta Api di Traveloka Lewat Ponsel

Virgina Maulita Putri
detikTravel
Cara Memesan Tiket Kereta Api di Traveloka Lewat Ponsel Foto: Fadhly F Rachman
Cara Memesan Tiket Kereta Api di Traveloka Lewat Ponsel Foto: Fadhly F Rachman
Jakarta - Memesan tiket kereta api kini sudah bisa dilakukan lewat berbagai jalur. Salah satunya secara online lewat aplikasi mobile Traveloka. Aplikasi ini sudah tersedia untuk perangkat Android dan iOS

Untuk pemula pasti memesan tiket secara online terdengar membingungkan. Jangan khawatir, berikut ini cara memesan tiket kereta api di Traveloka lewat ponsel:

1. Download Aplikasi Traveloka

Sebelum memesan tiket tentu kalian harus download aplikasi Traveloka terlebih dahulu. Jika menggunakan ponsel Android, kalian bisa mengunduh aplikasi di Google Play Store. Untuk iPhone atau perangkat iOS bisa diunduh lewat Apple App Store.



2. Buat Akun Baru

Setelah proses download dan instalasi selesai, buka aplikasi Traveloka. Jika kalian belum memiliki akun Traveloka, bisa mendaftarkan akun baru dengan mengisi identitas, alamat email dan password untuk akun kalian.

Jika sudah memiliki akun, bisa sign ini dengan memasukkan alamat email dan password yang sudah didaftarkan.

3. Pilih Tanggal Berangkat

Di halaman depan aplikasi, pilih menu Tiket Kereta Api. Kalian akan melihat menu drop down yang berisi asal keberangkatan, tujuan keberangkatan, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang.

Isi masing-masing kolom drop down sesuai keinginan kalian dan klik Cari.

4. Cari Jadwal yang Sesuai

Setelah itu di aplikasi Traveloka kalian akan melihat daftar yang berisi perjalanan kereta api yang berangkat pada tanggal pilihan kalian. Kalian bisa melihat jam keberangkatan, durasi perjalanan, harga tiket dan sisa kursi yang tersedia.

Pilih kereta dan jadwal yang sesuai dengan keinginan kalian.

5. Isi Data Diri

Ada dua kolom yang harus diisi yaitu data pemesan dan data penumpang. Isi kolom data pemesan dengan nama, alamat email dan nomor ponsel yang kalian gunakan.

Data penumpang bisa diisi dengan data kalian atau data orang lain yang akan berangkat karena data ini yang nantinya muncul di tiket. Isi kolom ini dengan nama lengkap sesuai identitas penumpang, titel, tanda pengenal dan nomor tanda pengenal.



6. Pilih Kursi

Setelah semua data terisi, pilih kursi sesuai keinginan kalian. Jika sudah memilih, klik Selesai dengan scroll hingga ke bagian paling bawah.

7. Bayar Tiket

Setelah itu pilih metode bayaran sesuai dengan preferensi. Patut diingat ada beberapa metode pembayaran yang tidak sesuai untuk transaksi ini. Ikuti petunjuk pembayaran yang ada di layar, perhatikan lagi detail tiket yang dipesan dan klik Bayar.

8. Terima Tiket Elektronik

Setelah selesai dibayar jangan lupa untuk konfirmasi pembayaran lewat aplikasi Traveloka. Jika pembayaran sudah terkonfirmasi tiket elektronik kereta api kalian akan di-issue oleh Traveloka dan bisa dicek di tab Pesanan yang ada di bagian bawah aplikasi Traveloka. (vmp/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA