Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Okt 2019 05:30 WIB

TRAVEL NEWS

Ingin Jadi Destinasi Paralayang Dunia, Sumedang Siapkan Paket Tur

Mukhlis Dinillah
detikTravel
Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom
Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom
Sumedang - Pemkab Sumedang ingin menjadikan wilayahnya sebagai destinasi paralayang kelas dunia. Dalam usaha mewujudkannya, paket tur wisata paralayang pun disiapkan.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, wilayahnya punya sejumlah destinasi paralayang jempolan seperti Batudua, Toga, dan Cisema Jatigede. Ketiga lokasi itu menjadi venue West Java Paragliding World Championship 2019 yang tengah berlangsung.

"Kita ingin Sumedang menjadi destinasi paralayang kelas dunia. Kita sudah tersedia venuenya, ekosistem terbangun. Paling menjadikan paralayang ini sebagai destinasi wisata nantinya," kata Dony kepada detikcom, Rabu (23/10/2019).




Ia menuturkan, West Java Paragliding World Championship 2019 merupakan salah satu ajang promosi dalam upaya menjadikan Sumedang sebagai destinasi paralayang dunia. Sementara untuk optimalisasi sebagai destinasi wisata, ke depannya dibuatkan paket tur.

"Jadi (paralayang) nanti jadi satu paket tur wisata," ungkap dia.




Menurutnya wisatawan dari Eropa, Asia, dan Timur Tengah menjadi pasar potensial bagi destinasi paralayang di Sumedang. Terutama negara Tiongkok, Jepang, dan Korea yang tengah gemar dengan olahraga udara tersebut.

"Jadi orang Tiongkok ke Bali pasti main ke tanjung benoa main paralayang. Kalau Sumedang ada direct flight ke Kertajati main paralayang di Cisema nanti. Kita bidik itu, Eropa, Asia, dan Timur Tengah terutama Tiongkok," ujar Dony.

Saat ini ada 20 negara dari Amerika, Asia dan Eropa tengah mengikuti Kejuaraan Paralayang Internasional di Sumedang. Diharapkan mereka bisa ikut mempromosikan Sumedang di mata dunia.


(mud/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA